Lebih Ekonomis Mana Galian Tanah Tenaga Manusia Atau Menggunakan Excavator?

Galian Tanah

Rumahmaterial.com – Seperti kita ketahui pelaksanaan pekerjaan galian tanah pada proyek konstruksi bisa dilakukan secara manual dengan tenaga manusia atau dengan menggunakan alat berat excavator.

Apa yang menjadi dasar pertimbangan memilih pelaksanaan pekerjaan galian apakah kita secara manual menggunakan tenaga manusia atau menggunakan alat berat excavator pernah dibahas dalam artikel sebelumnya.

Pada kesempatan ini kita akan membahas secara khusus tentang salah satu faktor yang menjadi bahan pertimbangan yaitu faktor biaya. 

Anggaplah semua faktor-faktor yang lain sudah terpenuhi, kita hanya ingin membandingkan sebenarnya lebih ekonomis mana melaksanakan pekerjaan galian tanah secara manual dengan tenaga manusia atau menggunakan alat berat excavator.

Intinya adalah sudah pasti pada volume pekerjaan galian dengan volume kecil lebih murah dilakukan secara manual dengan tenaga manusia, sebaliknya pekerjaan galian dengan volume besar lebih murah jika dikerjakan dengan menggunakan alat berat excavator.

Tapi sebenarnya berapa volume yang disebut kecil atau besar ini? Simak ulasannya berikut ini. 

Pertama kita harus tahu dulu berapa biaya pekerjaan galian untuk masing-masing metode tersebut. Untuk galian tanah secara manual dengan tenaga manusia misalnya dengan upah borongan Rp. 125.000,- / m3.

Dan misalnya untuk biaya sewa excavator adalah 27.500.000 / minggu dengan rincian seperti pernah kami bahas dalam artikel perhitungan biaya sewa excavator.  

Mengapa biaya dihitung per minggu? Itu karena di beberapa penyedia sewa excavator ada minimum order untuk sewa excavator itu satu minggu atau 50 jam. 

Biaya sewa excavator yang diperhitungkan harus sudah termasuk seluruh komponen biaya sewa excavator seperti biaya mobiliasi dmobiliasi, biaya sewa alat excavator, biaya operator, dan biaya BBM solar. 

Dengan catatan bahwa pelaksanaan pekerjaan galian bisa dilakukan secara terus menerus, maka jika dibandingkan adalah sebagai berikut :

Upah pekerjaan galian tenaga manusia / m3 Rp. 125.000,-

Biaya sewa excavator / minggu = Rp. 27.500.000,-

Biaya excavator / upah galian tenaga manusia 
= (Rp.27.500.000,-) / (Rp.125.000,- / m3) 
= 220 m3

Dari perbandingan tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa jika pekerjaan galian tanah di bawah 220 m3 maka akan lebih ekonomis jika pekerjaan galian dilakukan secara manual menggunakan tenaga manusia.

Sebaliknya jika volume pekerjaan galian di atas 220 m3 maka akan lebih ekonomis jika menggunakan alat berat excavator.

Sebagai catatan, untuk volume 220 m3 di atas tidak bisa menjadi patokan karena harus menyesuaikan dengan harga upah pekerjaan galian dan biaya sewa excavator yang sesungguhnya di daerah Anda.

Harga upah galian dan biaya sewa excavator hanya merupakan contoh perhitungan saja, untuk harga riil di lapangan silahkan cek hrga upah tukang di daerah Anda dan harga penyedia sewa alat berat terdekat.

Posting Komentar untuk "Lebih Ekonomis Mana Galian Tanah Tenaga Manusia Atau Menggunakan Excavator?"