Ini Dia 4 Masalah Pompa Air Yang Sering Terjadi Dan Solusinya

Solusi Masalah Pompa Air

Rumahmaterial.com - Pompa air adalah salah satu perangkat yang penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah dengan pasokan air yang tidak stabil. 

Pompa air bekerja dengan cara memindahkan air dari sumber air ke tangki penyimpanan atau ke tempat yang membutuhkan air.

Akan sangat merepotkan jika sampai terjadi masalah dengan pompa air yang kita gunakan. 

Masalah pada pompa air dapat bervariasi tergantung pada jenis dan kondisi pompa. Beberapa masalah yang sering terjadi pada pompa air adalah:

1. Pompa tidak menyala

Jika pompa tidak menyala sama sekali, langkah awal yang harus dilakukan adalah memeriksa pasokan listrik ke pompa. 

Pastikan kabel listrik dan soket sudah terhubung dengan baik dan tidak rusak. Jika pasokan listrik baik-baik saja, kemungkinan masalah ada pada motor pompa atau komponen internal pompa yang rusak.

Komponen internal yang dimaksud adalah kapasitor. Jika sudah rusak kapasitor harus diganti dengan kapasitas dan tipe yang sama dengan bawaan pompa. 

Untuk masalah pada motor pompa bisa karena motor pompa terbakar. Anda dapat memanggil teknisi untuk memeriksa masalah tersebut.

2.  Pompa tidak mengeluarkan air

Jika pompa menyala tetapi tidak mengeluarkan air, kemungkinan masalah ada pada sumber air. Pastikan aliran air ke pompa lancar dan tidak terhalang. 

Periksa juga kalau pipa pompa sudah masuk paling tidak 0,5 m ke dalam permukaan sumber air. Pastikan kedalaman sumber air sesuai dengan jenis dan kapasitas pompa yang digunakan.

Jika kedalaman sumber air 0 sampai 8 m dapat menggunakan pompa semi jet pump, sedangkan untuk kedalaman 8 sampai 25 m harus menggunakan jenis pompa jet pump.

Kesalahan pemilihan tipe pompa bisa menyebabkan air tidak bisa naik, misalnya kedalaman sumber air 15 m tetapi menggunakan pompa semi jet pump.

Jika aliran air sudah pasti lancar, kemungkinan masalah ada pada pompa itu sendiri, seperti impeler yang rusak atau bocor pada pipa yang menghubungkan pompa dengan sumber air.

Jika ada kebocoran pada instalasi pipa bisa segera perbaiki dengan lem pipa.

3.  Pompa berbunyi keras 

Kadang pompa juga bisa mengeluarkan suara keras yang tidak normal dan menimbulkan kebisingan. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu lingkungan sekitar apalagi jika dinyalakan pada waktu pagi hari saat orang masih beristirahat.

Jika pompa mengeluarkan suara keras, kemungkinan ada masalah pada komponen internal pompa, seperti ball bearing yang perlu diganti. 

Salain itu bisa juga karena kotoran atau kerikil yang ikut masuk ke dalam pompa yang dapat menghambat aliran air sehingga pompa bekerja lebih keras.

Periksa juga apakah pompa terlalu kencang atau tidak terpasang dengan baik. Jika tidak bisa diatasi dengan pemeriksaan sederhana, Anda perlu memanggil teknisi untuk memeriksa masalah tersebut.

4.  Pompa mengeluarkan air dengan tekanan rendah 

Jika pompa menghasilkan air dengan tekanan rendah, pastikan bahwa pompa diatur dengan benar dan memiliki kapasitas dan daya yang cukup untuk kebutuhan Anda. 

Jangan lupa periksa juga apakah ada bocor pada pipa atau selang, atau apakah impeler pada pompa aus atau rusak.

Saran umum untuk menjaga agar pompa air tetap berfungsi dengan baik adalah dengan melakukan perawatan berkala. 

Bersihkan pompa secara rutin, periksa selang dan pipa secara berkala, dan pastikan pompa diatur dengan benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Posting Komentar untuk "Ini Dia 4 Masalah Pompa Air Yang Sering Terjadi Dan Solusinya"