Dumbwaiter Elevator, Lift Berukuran Kecil Untuk Memindahkan Barang Antar Lantai

Dumbwaiter Di Restoran

Rumahmaterial.com – Dumbwaiter elevator sering juga disebut dengan lift atau elevator untuk makanan karena memang sering digunakan di restoran dan hotel yang mempunyai lantai lebih dari satu.

Dumbwaiter ini digunakan untuk memindahkan makanan, minuman, dan peralatan makan dari dapur ke lantai lain di atas atau di bawahnya. 

Sebenarnya penggunaan dumb waiter ini bukan cuma di restoran saja, ada beberapa jenis bangunan bertingkat yang kadang menggunakannya juga seperti contohnya :

  • Bangunan perkantoran dan bank, untuk memindahkan dokumen dan arsip antar lantai. 
  • Perpustakaan, untuk memindahkan buku-buku antar lantai.
  • Rumah sakit, untuk memindahkan obat dan barang medis lain antar lantai.

Apa Keuntungan Menggunakan Dumbwaiter?

Dengan menggunakan dumbwaiter maka akan dapat  meningkatkan produktivitas serta menghemat waktu dan tenaga dalam memindahkan barang dari satu lantai ke lantai lainnya.

Ada Berapa Macam Jenis Dumbwaiter?

Secara garis besar ada 2 macam dumbwaiter yaitu :

1. Table Type Dumbwaiter

Merupakan dumbwaiter dengan ukuran kecil yang digunakan untuk beban yang ringan (antara 30 kg sampai 100 kg). Dumbwaiter ini dipasang kira-kira setinggi 70 cm dari lantai.

Dumbwaiter ini sering digunakan untuk memindahkan dokumen dan arsip di bank, dan untuk memindahkan makanan, minuman, dan peralatan makan di restoran dan hotel.

Table type dumb waiter ini ada yang berukuran 500x500x600 mm,  600x600x700 mm, 750x750x900 mm, dan ukuran lain tergantung dari merek produknya.

2. Floor Type Dumbwaiter 

Merupakan tipe dumbwaiter dengan ukuran cukup besar yang digunakan untuk beban yang berat (antara 100 kg sampai 300 kg). Dumbwaiter ini dibuat rata lantai sehingga bisa memasukkan trolley barang dengan mudah.

Dumwaiter ini sering digunakan pada bangunan gudang dan rumah sakit.

Floor type dumb waiter ini ada yang berukuran 850x1150x1200 mm,  900x900x1200 mm, 1000x1000x1200 mm, dan ukuran lain tergantung dari merek produknya.

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Dumbwaiter? 

  1. Tentukan jenis, ukuran, dan kapasitas beban dumbwaiter sesuai kebutuhan kita.
  2. Pilihlah produk dumbwaiter berkualitas baik yang memberikan jaminan keaslian barang, garansi produk dan garansi ketersediaan spare part.
  3. Pilihlah jasa pemasangan dumbwaiter yang profesional dan berpengalaman.
  4. Perhatikan juga apakah mudah dalam servis rutin / perawatannya.

Apa saja Bagian Dumbwaiter?

Struktur Dumbwaiter, menggunakan rangka baja.

Mesin dumbwaiter, sangat penting untuk memilih tipe mesin dumbwaiter yang kuat, ringkas, presisi dan stabil saat digunakan. Selain itu juga mudah dan murah perawatannya.

Dumbwaiter controller, berfungsi untuk megatur kecepatan dumbwaiter agar bisa beroperasi dengan baik dan akurat.

Sangkar dumbwaiter dan pintu dumbwaiter, biasa menggunakan bahan stainles steel hairline.

Komponen dumbwaiter
Komponen Dumbwaiter (Sumber: Brosur Louser Dumbwaiter)

Umumnya ada beberapa fitur standar dumbwaiter yaitu : safety switch, intercom, emergency stop button, in use light, buzzer, direction arrow, dan digital electronic position.

Untuk info lebih lanjut Anda dapat menghubungi supplier dumbwaiter yang biasanya juga merupakan supplier lift atau elevator.

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang Dumbwaiter, Lift Berukuran Kecil Untuk Memindahkan Barang Antar Lantai, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk " Dumbwaiter Elevator, Lift Berukuran Kecil Untuk Memindahkan Barang Antar Lantai"