5 Tips Terbaik Untuk Membeli Genset

Genset Tipe Silent

Rumahmaterial.com - Genset yang berfungsi sebagai penghasil listrik dapat digunakan jika terjadi pemadaman listrik PLN di rumah kita. 

Bayangkan jika tanpa genset saat terjadi pemadaman listrik PLN di rumah kita saat malam akan gelap dan terasa panas, apalagi yang biasa menggunakan AC.

Dengan adanya genset paling tidak kita tetap mendapatkan penerangan lampu pada malam hari dan bisa menggunakan peralatan listrik yang membutuhkan daya yang rendah, seperti misalnya kipas angindan mengisi daya ponsel kita. 

Genset merupakan peralatan dengan harga yang cukup mahal, maka kita dalam membelinya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. 

Berikut ini rumahmaterial.com akan berbagi 5 Tips Terbaik Untuk Membeli Genset.

1. Pilihlah genset berkualitas baik

Pilihlah genset dari merek-merek terpercaya yang sudah terjamin kualitasnya, dan mempunyai izin resmi yang dapat digunakan secara legal. 

Selain itu juga menyediakan garansi resmi dari pabrikan. Genset berkualitas baik akan tahan lama dan menghasilkan listrik yang stabil dan aman.

2. Belilah genset di distributor terpercaya

Pilihlah distributor genset terpercaya yang jujur dan bertanggung jawab yang pasti hanya menjual genset baru dan asli bukan barang rekondisi.  

Selain itu distributor dapat menunjukan adanya certificate of origin di mesin genset tersebut dan isinya sudah sesuai dengan angka pada pelat, nomor mesin, dan oil pump.

3. Pilihlah tipe genset yang sesuai

Apakah menggunakan tipe open atau silent? Apakah menggunakan bahan bakar bensin atau solar? Hal ini harus kita tentukan dahulu menyesuaikan dengan lokasi dan kebutuhan kita.

Genset tipe silent cocok digunakan untuk di kantor, ruko, rumah, restaurant dan lainnya karena tidak terlalu bising. Sedangkan genset tipe open biasanya ditempatkan di ruangan khusus yang ada peredam suaranya.

Untuk masalah bahan bakar, genset berbahan bakar bensin lebih cocok digunakan di area perumahan karena lebih sedikit menghasilkan asap jika dibandingkan dengan genset yang berbahan bakar solar.

Perhatikan juga konsumsi bahan bakarnya, biasanya di spesifikasi teknis genset terdapat keterangan konsumsi kebutuhan bahan bakarnya misalnya dalam satuan liter / jam.

Pilihlah genset yang hemat bahan bakar agar ekonomis saat digunakan.

4. Pastikan jumlah kebutuhan daya listrik 

Hitunglah jumlah daya listrik yang kita butuhkan untuk dicover oleh genset. Kita buat daftar peralatan listrik apa saja yang kita mau tetap dapat menyala selama pemadaman listrik PLN, misalnya lampu, kulkas, mesin pompa air, dan sebagainya.

Pilih genset yang memiliki kapasitas daya listrik yang lebih besar dari total kebutuhan daya listrik untuk peralatan listrik tersebut.

5. Pastikan layanan purna jual yang baik

Apa saja poin penting dari layanan purna jual yang baik? 

Pertama genset tersebut berani menjamin kualitas dengan memberikan masa garansi resmi yang panjang dan memberikan jaminan ketersediaan spare part.

Selain itu pastikan juga lokasi service centernya apakah ada di dekat lokasi Anda atau tidak. 

Jangan sampai jika terjadi masalah pada genset tersebut malah akan sangat meepotkan karena lokasi service centernya yang jauh atau bahkan di kota lain. 

Demikian 5 Tips Terbaik Untuk Membeli Genset yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk " 5 Tips Terbaik Untuk Membeli Genset"