Contoh Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Baja Di Suatu Proyek

Konstruksi Baja

Rumahmaterial.com - Pelaksanaan pekerjaan konstruksi baja untuk bangunan industri seperti gudang dan pabrik biasanya memiliki keterbatasan waktu. 

Sehingga perlu dilakukan perencanaan jadwal pelaksanaan pekerjaan konstruksi baja yang baik agar seluruh pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. 

Pelaksanaan pekerjaan konstruksi baja terdiri dari beberapa tahapan sebagai berikut :
  • Pembuatan Shop drawing 
  • Pengadaan material (procurement) 
  • Pemotongan dan pengeboran (cutting and drilling) 
  • Perakitan (assembling) dan pengelasan (welding) 
  • Finishing / Pengecatan 
  • Pengemasan (packing) 
  • Pengiriman ke lokasi proyek 
  • Erection konstruksi baja di lokasi proyek 
Masing-masing tahapan tersebut membutuhkan waktu pelaksanaan yang tergantung dari berapa besar volume profil baya yang akan dikerjakan. 

Tahapan tersebut juga dibagi lagi dari lokasi pelaksanaannya apakah dikerjakan di workshop atau di lokasi proyek. Umumnya untuk konstruksi baja dengan volume besar sebagian besar tahapan akan dilakukan di workshop baja. 

Material profil baja akan dipotong dan dibor, dilas dan disiapkan untuk perakitan di workshop. Setelah itu dilakukan finishing / pengecatan. 

Baru setelah itu dilakukan pengemasan dan pengiriman ke lokasi proyek. Material akan dikirim ke lokasi proyek secara bertahap sesuai dengan proses erection baja di lapangan. 

Berikut ini adalah contoh waktu pelaksanaan pekerjaan konstruksi baja dengan luas 3.900 m2 dan total volume profil baja sekitar 250 ton. 
Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Baja
Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Baja
Dari contoh jadwal pelaksanaan di atas dapat dilihat bahwa untuk pekerjaan baja pada proyek tersebut dapat diselesaikan dalam waktu 12 minggu atau 3 bulan. 

Waktu yang relatif singkat untuk luas bangunan yang besar dan volume pekerjaan baja yang cukup banyak. 

Tetapi jangka waktu di atas benar-benar hanya untuk pekerjaan konstruksi baja nya saja, belum termasuk pekerjaan pondasi dan sloof beton, penutup atap dan dinding.

Demikian Contoh Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Baja yang dapat rumahmaterial.com bagikan, semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Contoh Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Baja Di Suatu Proyek"