Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Mengganti Canopy Carport Dengan Canopy Baru Berpenutup Atap UPVC Alderon

Canopy UPVC Alderon

Setelah 10 tahun rangka besi hollow canopy di rumah berkarat hebat, dan keropos di beberapa bagian. Untuk keamanan karena takutnya bisa roboh sewaktu-waktu saya memutuskan untuk mengganti canopy tersebut.

Untuk rangka sesuai saran penyedia jasa pasang canopy menggunakan besi hollow ukuran 40x60 tebal 2 mm finish cat untuk rangka utama dan besi hollow 40x40 tebal 2 mm finish cat untuk rangka pembagi.

Ada beberapa jenis material penutup atap yang saya pertimbangkan antara lain penutup atap polycarbonate, penutup atap UPVC, dan penutup atap zincalume.

Penutup atap polycarbonate tidak saya pilih karena material atap canopy yang akan diganti ini juga menggunakan material polycarbonate yang kondisinya sudah tidak bagus lagi dan getas karena terkena panas dan hujan.

Untuk atap metal saya khawatir akan mudah berkarat jika menggunakannya.

Setelah melalui beberapa pertimbangan akhirnya memutuskan menggunakan penutup atap UPVC merek Alderon. Apalagi infonya ada garansi material atap UPVC Alderon selama 15 tahun dari pihak produsennya.  

Proses bongkar canopy lama, pasang rangka canopy baru dan penutup atap UPVC ini cukup cepat hanya 2 hari kerja untuk ukuran canopy 24 m2 karena untuk rangka sudah diukur dan diproduksi di workshop dan tinggal dipasang di lokasi.

Jumlah tukang yang mengerjakan cukup 3 orang saja untuk melaksanakan pekerjaan bongkar pasang canopy termasuk penutup atap dan perapihan akhir berupa pengecatan pada bagian-bagian yang memerlukan cat tambahan / touch up.

Setelah 2 bulan menggunakan penutup atap alderon ini ada kelebihan dan kekurangan yang saya rasakan. Pertama kita bahas kelebihannya dulu ya :

  1. Penutup atap UPVC ini kuat dan dapat diinjak, meski harus dipastikan dulu apakah rangkanya cukup kuat untuk diinjak. Terutama jika rangkanya tidak ada tiang di tengah untuk bentang yang lebar. 
  2. Sampai saat ini pada bagian atap UPVC tidak terdapat kebocoran.
  3. Karena memilih penutup atap warna putih sehingga area carport tidak terkesan gelap.
  4. Paku roofingnya juga khusus dengan seal karet dan penutup sehingga tidak akan mudah berkarat karena terlindung dari air.
  5. Jika terkena hujan suara tdak seberisik jika menggunakan atap zincalume. 

Sedangkan untuk kekurangannya adalah ternyata jenis atap UPVC Alderon yang saya pakai kurang sesuai dengan bentuk tampak depan rumah yang berbentuk melengkung. Sulit bagi tukang untuk menghasilkan potongan melengkung yang presisi pada sisi atap UPVC ini karena material ini bergelombang.

Hal tersebut menyebabkan kebocoran pada bagian pertemuan antara dinding façade dengan atap UPVC meski sudah disealant. Untuk mengatasinya saya menggunakan waterpoofing polyurethane  Bitaguard dari Bital Asia yang diperkuat dengan kain penguat / reinforcement Bitaforce.

Waterproofing tersebut diaplikasikan dari sisi atas canopy pada bagian pertemuan atap dengan dinding.

Waterproofing polyurethane ini cukup mahal jika dibandingkan waterproofing coating biasa seperti aquaproof atau no drop, bisa 2x lipat harganya. Setelah dua lapis aplikasi waterproofing barulah kebocoran tersebut bisa diatasi.

Masalah lain yang timbul adalah sering terdengar suara berderak seperti diinjak pada bagian atap UPVC. Dari website resmi Alderon ternyata itu disebabkan oleh muai susut antara baut dan lembaran atap UPVC dan merupakan hal umum yang tidak mempengaruhi mutu maupun kondisi atap.

Tips dari website resmi Alderon :

“Untuk mengatasi suara berisik tersebut, pada saat pemasangan Alderon, di bagian atas rangka dapat dilapisi dengan foam tape, agar lapisan bawah Alderon dan bagian atas rangka tidak bersentuhan langsung”.

Nah mungkin ini kekurangan tukang saat pemasangan tidak menggunakan foam tape ini sehingga selalu keluar suara-suara karena muai susut tersebut.

Dari pengalaman pemasangan canopy baru ini dapat diambil kesimpulan bahwa ternyata material bermutu baik pun belum tentu cocok digunakan untuk segala jenis kondisi bangunan. 

Selain itu pengalaman tukang dari jasa pemasangan yang digunakan juga sangat menentukan hasil pemasangan apakah akan bermasalah di kemudian hari atau tidak.

Demikian sedikit sharing pengalaman kami mengganti canopy dengan menggunakan penutup atap UPVC Alderon. Semoga bermanfaat…!

Posting Komentar untuk " Pengalaman Mengganti Canopy Carport Dengan Canopy Baru Berpenutup Atap UPVC Alderon"