Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggunakan Google Maps Untuk Meninjau Kondisi Lokasi Proyek

Rumahmaterial.com - Dalam proses tender proyek konstruksi biasanya diadakan acara tinjau lokasi proyek. Acara ini sangat berguna bagi kontraktor untuk dapat mengetahui situasi dan kondisi lokasi proyek.

Tapi kadang karena keterbatasan waktu mungkin kita sebagai kontraktor tidak bisa mengikuti acara tinjau lokasi tersebut. Biasanya selain waktu yang telah ditetapkan kontraktor boleh melakukan tinjau lokasi di waktu yang lain jika lokasinya merupakan area umum. 

Simak juga : 12 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Meninjau Lokasi Proyek.

Untuk dapat mengetahui situasi dan kondisi lokasi proyek kita bisa menggunakan google maps. Apa lagi sekarang google maps dilengkapi dengan fitur street view yang memungkinkan kita untuk melihat area sekitar lokasi proyek tersebut.

Dengan menggunakan fitur street view di google maps kita dapat mengetahui situasi dan kondisi lokasi proyek tanpa kita harus pergi ke lokasi tersebut.

Kita dapat mengetahui lokasi proyek berbatasan dengan apa di sisi kanan dan kiri, serta kondisi akses lalu lintas menuju lokasi proyek. 

Misal kita ambil contoh ingin mengetahui kondisi lokasi di Jalan panjang jakarta barat. 



Meski tetap saja dengan pergi langsung meninjau lokasi proyek kita akan lebih mendapatkan gambaran yang lebih menyeluruh dan sesuai kondisi terkini.

Karena salah satu kekurangan cara ini kondisi lokasi di google street view kadang kurang update karena gambaran kondisi tersebut mungkin diambil beberapa bulan yang lalu.

Misalnya kondisi lokasi saat ini bangunan eksisting sudah dibongkar, ternyata pada tampilan google street view masih ada bangunan demikian pula sebaliknya.

Selain itu kadang tidak semua wilayah di google maps bisa mendapatkan street view, tergantung dari apakah jalan tersebut dilalui oleh perekam data google.

Jika kita bisa melakukan tinjau lokasi langsung di lapangan untuk mengetahui kondisi terkini tentunya lebih baik daripada mengandalkan data kondisi entah berapa bulan yang lalu, tapi jika kita tidak bisa melakukan tinjau lokasi langsung google maps paling tidak bisa memberikan gambaran kondisi lokasi yang ada.

Posting Komentar untuk " Menggunakan Google Maps Untuk Meninjau Kondisi Lokasi Proyek"