3 Hal Yang Akan Memaksa Kontraktor menyelesaikan Suatu Proyek


Kontraktor Bangunan

Memenangkan tender dan mendapatkan suatu proyek merupakan hal yang sangat diinginkan oleh semua kontraktor bangunan.

Tetapi ternyata setelah berjalan proyek tersebut bisa saja mengalami kerugian, bisa karena salah perhitungan di awal saat menyusun harga peawaran atau mungkin bisa juga karena gejolak harga yang menyebabkan harga material melambung tinggi.

Pada tahap tertentu kontraktor tersebut bisa saja menyerah dan berhenti di tengah jalan karena merasa kerugian akan semakin besar jika terus melanjutkan pelaksanaan proyek tersebut.

Jika suatu proyek sampai berhenti di tengah jalan karena kontraktornya menyerah tentunya akan sangat merugikan untuk pihak pemilik proyek. Mengapa?

Pertama mungkin pemilik proyek akan kehilangan pendapatan yang sudah direncanakan jika proyek tersebut diselesaikan tepat waktu. Kedua pada umumnya tidak mudah untuk mendapatkan kontraktor pengganti untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Jika bisa mendapatkan kontraktor pengganti dari sisi biaya juga pasti ada perbedaan atau cenderung lebih mahal. 

Jadi dalam kontrak konstruksi pemilik proyek akan selalu mengusahakan agar kontraktor lebih baik menyelesaikan proyek daripada meninggalkannya di tengah jalan.

Apa yang dilakukan? Tentunya dengan membuat term pembayaran pihak kontraktor dalam kontrak yang akan menyebabkan kontraktor rugi lebih banyak jika tidak dapat menyelesaikan proyek tersebut, yaitu :

  1. Adanya jaminan pelaksanaan sebesar 5% dari nilai kontrak berupa bank garansi yang akan menjadi hak Pemilik proyek jika kontraktor tidak dapat menyelesaikan pelaksanaan proyek seperti tertuang dalam kontrak.
  2. Adanya jaminan uang muka berupa bank garansi sebesar nilai uang muka yang diberikan kepada pihak kontraktor.
  3. Term pembayaran berdasarkan progress yang dikurangi dari progress sebenarnya. Misal kontraktor sudah mengerjakan progress 50% yang dibayarkan hanya 45% dan masih dipotong retensi pula sebesar 5% dari pembayaran yang diterima.

Untuk lebih jelasnya tentang term pembayaran kontraktor simak juga artikel sebelumnya tentang Mengenal Term Pembayaran Kontraktor Bangunan

Selain itu untuk menghindari terjadinya hal seperti ini pemilik proyek harus memilih kontraktor yang terpercaya seperti pernah rumahmaterial.com bahas dalam artikel Bagaimana Cara Memilih Kontraktor Yang Baik?.

Demikian sedikit ulasan tentang 3 Hal Yang Akan Memaksa Kontraktor menyelesaikan Suatu Proyek, semoga bermanfaat…!

Posting Komentar untuk " 3 Hal Yang Akan Memaksa Kontraktor menyelesaikan Suatu Proyek"