Cara Mudah Menghitung Jumlah Kebutuhan Material Batako

Bekisting Batako

Batako merupakan material / bahan bangunan yang terbuat dari campuran pasir dan semen yang dicetak. Batako sering digunakan dalam pekerjaan struktur beton sebagai bekisting pondasi dan tie beam / sloof beton bertulang.

Ukuran batako di pasaran kadang ada sedikit berbeda antara masing-masing produsennya. Ada yang memproduksi batako dengan dimensinya 38 x 17 x 8 cm ada juga yang 36 x 17 x 7,5 cm dan beberapa ukuran lain yang sedikit berbeda.

Berapa banyak kebutuhan material batako untuk 1 m2 bekisting pasangan batako?

Kita tidak bisa menyebutkan secara pasti jumlah sekian karena ada 2 faktor yang mempengaruhi jumlah kebutuhan material batako untuk pasangan bekisting batako yaitu : 

  1. Cara pemasangan batako secara rebah atau tegak. Biasanya pemasangan batako secara rebah digunakan untuk bekisting pondasi dengan ukuran besar sedangkan pemasangan batako secara tegak untuk pekerjaan bekisting pondasi berukuran kecil dan balok sloof / tie beam.  
  2. Ukuran material batako dan tebal adukan spesi yang digunakan. Meski mungkin hal ini tidak terlalu banyak mempengaruhi karena seperti kami sebutkan di atas perbedaan ukuran batako antara masing-masing produsen juga tidak banyak.

Sebagai gambaran kita ambil contoh sebagai berikut :

Misal kita menggunakan material batako berukuran 36 x 17 x 7,5 cm yang tersedia  di pasaran dan adukan spesi setebal 2 cm.

Pasangan batako secara rebah maka luas penampang untuk 1 batako ditambah tebal adukan spesi adalah = (0,075 + 0,02) x (0,36 + 0,02) = 0,0361 m2

Kebutuhan material batako dipasang rebah = 1 m2 / 0.0361 m2  =27,70 buah dibulatkan menjadi 28 buah / m2

Pasangan batako secara tegak maka luas penampang untuk 1 batako ditambah tebal adukan spesi adalah = (0,17 + 0,02) x (0,36 + 0,02) = 0,0722 m2

Kebutuhan material batako dipasang tegak = 1 m2 / 0.0722 m2 =13,85 buah dibulatkan menjadi 14 buah / m2

Hitungan kebutuhan material batako di atas merupakan hitungan teoritis, untuk pemesanan material sebaiknya ditambahkan waste volume sekitar 10% untuk antisipasi jika ada material batako yang pecah atau rusak.

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang cara menghitung jumlah kebutuhan material batako untuk pasangan bekisting batako pondasi dan sloof beton bertulang. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk " Cara Mudah Menghitung Jumlah Kebutuhan Material Batako"