Besi Siku Pelindung Kolom Di Area Parkir (Corner Guard)

Pada kolom bangunan di area parkir kita sering melihat terdapat besi siku pada sudutnya, yang umumnya diberi warna bergaris kuning dan hitam. Ini adalah pelindung sudutan kolom atau sering juga disebut dengan corner guard.

Corner Guard merupakan salah satu item pekerjaan area parkir gedung yang hampir selalu ada seperti pernah rumahmaterial.com bahas dalam artikel sebelumnya tentang Jangan Lupakan 9 Item Pekerjaan Area Parkir Gedung.

Fungsi dari corner guard adalah untuk melindungi permukaan kolom dari benturan atau tertabrak mobil. Sebenarnya ada juga produk corner guard yang terbuat dari bahan karet, tetapi karena melihat ketahanan dan biayanya, maka corner guard dari material besi siku lebih banyak digunakan.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk pekerjaan corner guard kolom parkir dari besi siku? Tentunya biaya pekerjaan corner guard ini sangat tergantung dari jenis dan ukuran item pekerjaan tersebut dan berapa banyak jumlahnya.
Contoh Corner Guard Besi Siku
Sebagai contoh kita ambil item corner guard pada gambar di atas yaitu corner guard yang menggunakan besi siku ukuran 50.50.5 yang dipasang menggunakan dynabolt 8 mm. Dengan finishing cat minyak bergaris kuning hitam.

Maka untuk menghitung biayanya bisa kita breakdown item pekerjaannya sebagai berikut :
  1. Besi siku, tergantung berapa ukuran profil dan panjangnya, bisa dihitung dalam satuan m1 atau satuan kg.
  2. Dynabolt, dilihat ada berapa titik dynabolt, biasanya 2 titik setiap jarak 50 cm.
  3. Pengecatan, menggunakan cat minyak atau cat duco, bisa dihitung dalam satuan m1, m2, atau bahkan dalam satuan kg disamakan dengan volume besi sikunya.
Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang Besi Siku Pelindung Kolom Di Area Parkir (Corner Guard), semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel