Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Ruang Khasanah, Ruang Dengan Sistem Keamanan Berlapis Pada Bangunan Bank

Beberapa saat lalu kami pernah mendapat pertanyaan seperti ini, “Apa Beda Bangunan Bank Dengan Jenis Bangunan Lain?” Sebuah pertanyaan yang sederhana tetapi mungkin sedikit membutuhkan penjelasan yang agak panjang.

Bangunan untuk bank secara umum sebenarnya hampir sama dengan jenis bangunan perkantoran yang lain. Tetapi ada satu ruang khusus yang umumnya hanya ada pada bangunan bank yaitu ruang khasanah.

Apa itu ruang khasanah? Simak sekilas ulasan rumahmaterial.com di bawah ini.  

Ruang khasanah atau sering disebut juga dengan ruang kluis merupakan ruang dengan sistem keamanan berlapis sebagai tempat untuk menyimpan uang kas,dokumen penting atau surat berharga baik milik pihak bank maupun pihak nasabah dan barang berharga milik nasabah dalam safe deposit box. 

Ruangan khasanah harus dipastikan aman dari bahaya kejahatan seperti pencurian dan bencana seperti kebakaran. 

Ruang khasanah biasa dibuat dari beton bermutu tinggi (minimal K400) untuk setiap sisinya. Dari pelat lantai, keempat sisi dinding dan pelat atasnya menggunakan pelat beton bertulang bermutu tinggi dengan ketebalan bisa mencapai 65 cm dan pembesian tulangan bisa mencapai 6 lapis (tergantung dari desain struktur masing-masing bank).

Sedangkan pintu khasanah atau pintu kluis biasa berupa pintu tebal dengan rangka yang terbuat dari pelat baja luar dalam yang di las menyeluruh menjadi satu kesatuan yang kokoh dan tahan gempur, diisi dengan material Khusus yang memberikan perlindungan lebih terhadap ancaman Kebakaran, bongkar paksa baik menggunakan peralatan bor, las, dan peralatan lainnya. Biasa juga dilengkapi dengan pintu terali yang berfungsi sebagai pelindung ketika pintu utama dibuka.

Pintu Kluis (CHUBBSAFES Vault Door)
Terdapat dua kunci utama pada pintu, yaitu kunci utama kombinasi dengan teknologi 4 roda memungkinkan 100 juta nomor kombinasi, yang diikuti anak kunci untuk mengunci ulir kombinasi, disamping kunci kombinasi, pintu juga dilengkapi dengan kunci central yang memungkinkan penguncian ganda pada pintu Utama.

Pada Pintu terdapat beberapa bolt di bagian atas dan bawah, selain itu pada bagian samping dilengkapi dengan beberapa bolt untuk pengamanan yang super maksimum pada saat terjadi upaya pembongkaran paksa.

Pintu khasanah ada yang mengggunakan finishing cat, dan ada juga yang menggunakan finishing stainless steel. Dari sisi harga tentunya yang menggunakan finishing stainless steel lebih mahal.

Saat pelaksanaan proyek pembangunan gedung suatu bank biasanya pintu khasanah dibeli langsung oleh owner, karena masing-masing bank memiliki standar yang berbeda-beda. Sedangkan untuk pemasangannya akan berkoordinasi dengan pihak kontraktor.

Back To Top