Melubangi Beton / Coring Instalasi MEP

Teorinya lubang sparing MEP (Mekanikal, Elektrikal, Plumbing) terutama untuk intalasi plumbing harus disiapkan sebelum pekerjaan pengecoran beton. Tetapi kadang posisi sparing yang disiapkan di awal meleset dari lokasi yang seharusnya, karena saat pegecoran beton pasangan dinding belum terpasang.

Jadi sering lubang-lubang sparing MEP diabaikan terutama jika kontraktor paket struktur dan paket MEP berbeda. Untuk membuat lubang sparing biasanya akan dikerjakan dengan menggunakan alat coring beton.

Mesin Coring Beton (Sumber: HILTI)
Keunggulan melubangi beton dengan mesin coring beton adalah sebagai berikut :
  1. Pelaksanaan pekerjaan mudah dan cepat.
  2. Posisi sparing MEP dapat ditentukan secara lebih tepat dan presisi.
  3. Dapat memutus tulangan besi pada beton.
  4. Tidak seperti dibobok secara manual, efek getaran yang ditimbulkan mesin coring kecil sehingga mencegah keretakan beton.
Kadang item pekerjaan coring sering dilupakan dalam penyusunan item pada BQ, padahal untuk bangunan umum berukuran besar dan gedung bertingkat, item pekerjaan coring membutuhan biaya yang cukup besar.

Berapa harga item pekerjaan jasa coring beton? Harga jasa pekerjaan coring yang dihitung per titik bervariasi karena dipengaruhi oleh diameter lubang yang diinginkan, banyaknya jumlah titik yang dikerjakan, ketebalan beton yang akan dilubangi, keterampilan tenaga kerja dan jenis mesin coring yang digunakan. 

Belum ada Komentar untuk "Melubangi Beton / Coring Instalasi MEP"

Posting Komentar

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon untuk tidak menyampaikan komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel karena tidak akan kami terbitkan. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel