Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menghitung Biaya Pembersihan Lokasi Selama Proyek

Pembersihan Lokasi Selama Proyek

Rumahmaterial.com - Salah satu komponen biaya dalam RAB pekerjaan persiapan adalah pekerjaan pembersihan lapangan. 

Biaya pembersihan lapangan ini sebenarnya harus diperhitungkan selama jangka waktu pelaksanaan proyek bukan cuma pada saat akan muai pekerjaan.

Untuk masalah pekerjaan persiapan secara umum pernah rumahmaterial bahas dalam artikel sebelumnya tentang Seri Membuat RAB (2) Pekerjaan Persiapan (1) dan Seri Membuat RAB (2) Pekerjaan Persiapan (2).

Kadang dalam membuat RAB untuk item pembersihan lapangan ada yang menghitung dalam satuan luasan misalnya m2 tetapi ada juga yang menghitung dalam satuan waktu misalnya bulan. Meski mungkin satuan waktu sebenarnya lebih tepat.

Untuk menghitung besarnya biaya pembersihan memang sangat dipengaruhi oleh luas area pekerjaan dan waktu pelaksanaan. 

Kita harus memperhitungkan berapa jumlah tenaga kerja kebersihan yang dibutuhkan untuk dapat melaksanakan pekerjaan pembersihan lokasi proyek dengan baik. 
  
Selain itu kita jangan sampai lupa memperhitungkan biaya pembuangan sampah dan puing bongkaran bekas eksisting jika ada ke luar lokasi proyek yang biasa diangkut dengan truk sampah atau mobil pick up.

Jangan lupa simak juga artikel rumahmaterial.com sebelumnya yang pernah membahas tentang Pembongkaran Eksisting Sebelum Renovasi.

Sebagai contoh : misal suatu proyek konstruksi dengan luas 1.000 m2 dengan jangka waktu pelaksanaan 3 bulan. 

Untuk menjaga kebersihan proyek membutuhkan 2 orang tenaga kebersihan per hari dengan upah Rp. 120.000 / orang / hari setiap harinya. 

Sedangkan pengangkutan sampah 3 rit  per minggu menggunakan mobil pick up dengan tarif Rp. 450.000,-/ rit. Berapa biaya pembersihan lapangan atau lokasi proyek yang diperlukan?

Note : contoh di atas hanya untuk memudahkan dalam mengetahui cara perhitungannya. Kebutuhan tenaga kerja dan harga upah serta harga mobil pick up sekali angkut sampah hanya merupakan asumsi yang mungkin berbeda dengan nilai sesungguhnya.

Pertama kita lakukan perhitungan biaya upah tenaga kebersihan selama 3 bulan, dengan asumsi 1 bulan 30 hari dan 1 bulan 4 minggu. 

Biaya Upah =  3 x 30 hari x 2 orang x 120.000 = 21.600.000

Selanjutnya hitung juga biaya pengangkutan sampah
Biaya Pengangkutan Sampah = 3 x 4 minggu x 3 rit x 450.000 = 16.200.000

Total biaya Pembersihan = 21.600.000 + 16.200.000 = 37.800.000
Biaya pembersihan lokasi proyek / bulan = 37.800.000 / 3 = 12.600.000

Demikian ulasan singkat rumahmaterial.com tentang cara mudah menghitung biaya pembersihan lokasi selama proyek yang berguna untuk menyusun RAB pekerjaan persiapan terutama untuk bagian pembersihan lokasi proyek. Semoga bermanfaat…! 

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menghitung Biaya Pembersihan Lokasi Selama Proyek"