Super Flat Floor, Lantai Beton Yang Sangat Rata

Gudang / Warehouse Dengan Forklift Untuk Handling Stok Barang
Gudang / Warehouse Dengan Forklift Untuk Handling Stok Barang
Super flat floor adalah pelat lantai beton yang dikerjakan dengan metode dan peralatan khusus sehingga menghasilkan permukaan lantai beton yang sangat rata dan tidak bergelombang. 

Biasa digunakan pada bangunan gudang / warehouse dengan ukuran lantai yang luas dengan kebutuhan rak stok barang yang tinggi.

Mengapa memerlukan super flat floor? Tentunya karena kebutuhan akan permukaan lantai yang sangat rata. Paling tidak terdapat 6 kelebihan permukaan lantai yang sangat rata yaitu :
  1. Meningkatkan efisiensi penyimpanan barang dengan penggunaan rak barang sampai ketinggian maksimum tetapi masih aman dan stabil.
  2. Meningkatkan efisiensi operasional gudang karena alat untuk handling stok barang seperti forklift dapat bergerak dalam kecepatan penuh dengan aman.
  3. Menghindarkan terjadinya ketidakstabilan forklift karena guncangan sehingga membentur rak stok barang.
  4. Stok barang lebih aman, karena mengurangi risiko barang yang jatuh saat handling oleh forklift.
  5. Mengurangi biaya perawatan dan perbaikan lantai dan peralatan handling barang / forklift.
  6. Menambah keindahan / estetika lantai dan ruangan.
Super flat floor dapat juga difinish lebih lanjut dengan liquid floor hardener sehingga menghasilkan lantai yang rata, tahan lama, dan memiliki tampilan yang baik tanpa perlu finishing coating yang lain. 

Untuk pekerjaan super flat floor biasa dikerjakan oleh pihak spesialis untuk pekerjaan ini. Beberapa peralatan khusus dari pihak spesialis untuk pekerjaan ini antara lain : Laser Screeder, Checker Rod, Bump Cutter, Hand Trowel, Ride on Trowel, dan Floor Dipstick Measurement.

Floor dipstick measurement merupakan alat digital yang digunakan untuk mengukur kerataan permukaan lantai secara cepat dan akurat.

Untuk pelaksanaan pekerjaan super flat floor, pertama harus dipastikan perkerasan di bawah lapisan beton sudah sesuai spesifikasi dan dipadatkan dengan baik untuk mencegah penurunan lantai di kemudian hari.

Pada lokasi pekerjaan super flat floor, penutup atap dan dinding harus sudah dikerjakan sebelum pelaksanaan pengecoran untuk menghindari sinar matahari langsung, hujan, dan hembusan angin yang kuat. 

Material beton yang digunakan untuk super flat floor adalah beton readymix non fly ash dengan mutu beton minimal 30 Mpa dan nilai slump sekitar 10 cm yang harus konsisten untuk seluruh material yang digunakan. 

Inisial setting time beton sekitar 3 sampai 5 jam dan seperti pekerjaan beton pada umumnya tidak boleh ada penambahan air pada beton readymix di lapangan.


Bekisting yang digunakan harus kuat dan stabil menggunakan pelat besi dan besi siku dengan ketinggian sama dengan top level permukaan beton jadi.

Secara singkat pelaksanaan pekerjaan super flat floor dapat diuraikan dalam 10 tahapan seperti di bawah ini :
  1. Pertama persiapan lokasi, pekerjaan pembesian, dan bekisting pelat lantai.
  2. Pekerjaan pengecoran beton readymix.
  3. Pekerjaan perataan beton menggunakan laser screeder.
  4. Cek elevasi / level beton basah dengan laser level.
  5. Ratakan bagian sambungan beton, hilangkan bagian tidak rata.
  6. Tunggu beton mencapai kekuatan awal.
  7. Trowel dengan hand trowel.
  8. Trowel dengan ride on trowel untuk mencapai kerataan permukaan.
  9. Aplikasikan curing compund sesuai spesifikasi yang dipersyaratkan.
  10. Ukur kerataan permukaan lantai beton dengan dipstick measurement.

Pelaksanaan pekerjaan super flat floor dilakukan dengan koordinasi yang baik antara kontraktor utama dan pihak spesialis pekerjaan ini. Misalnya dalam hal supervisi pelaksanaan dan pengadaan material beton readymix.
Ride On Trowel
Perataan Super Flat Floor Dengan Ride On Trowel
Untuk biaya pelaksanaan pekerjaan super flat floor biasa diperhitungkan dalam satuan luas atau m2 di luar pekerjaan pelat lantai beton bertulang biasa. Demikian ulasan rumahmaterial.com tentang super flat floor, semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Super Flat Floor, Lantai Beton Yang Sangat Rata"