Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Spray Polyurethane Foam Untuk Peredam panas Dan Suara

Untuk mendapatkan ruangan bangunan yang nyaman dan hemat energi kita memerlukan material insulasi yang berfungsi sebagai peredam panas dan suara. Terdapat beberapa macam produk insulasi yang sering digunakan pada proyek-proyek konstruksi seperti kombinasi aluminium foil dan glasswool, aluminium foil tipe bubble, insulasi berbahan serat selulosa, dan insulasi berbahan polyurethane.

Pada kesempatan ini rumahmaterial.com akan mencoba membahas tentang insulasi berbahan polyurethane khususnya Spray Polyurethane Foam. Sebelum membahas lebih jauh kita perlu mengetahui terlebih dahulu sebenarnya apa sih Spray Polyurethane Foam itu?


Spray Polyurethane Foam merupakan produk insulasi berupa busa keras hasil reaksi Polyol dan Isocyanate dengan katalis dan senyawa aditif lainnya yang diaplikasikan dengan cara di spray dengan tekanan tinggi. Aplikasi Spray Polyurethane Foam disemprotkan ke bagian dinding, atap, lantai beton, langsung ke bagian yang di inginkan, sehingga menciptakan suatu insulasi tanpa gap atau celah.

Apa kelebihan dan kekurangan dari Spray Polyurethane Foam?
Kelebihan dari Spray Polyurethane Foam dapat diuraikan sebagai berikut :
  1. Berfungsi sebagai peredam panas (thermal barrier). Membuat bangunan hemat energi, karena mampu meredam panas sehingga menghemat penggunaan AC sehingga bangunan tersebut lebih hemat biaya listrik.
  2. Berfungsi sebagai peredam suara (sound proofing). Karena aplikasinya menggunakan sistem spray yang dapat menutup semua celah yang ada sehingga dapat meredam suara dan mengurangi berisik suara hujan yang mengganggu pada atap metal.
  3. Dapat menahan rembesan air dan mencegah kondensasi dalam bangunan sehingga mencegah terjadinya jamur.
  4. Dapat mencegah korosi dan tidak bereaksi terhadap bahan kimia.
  5. Umumnya produk polyurethane bersifat fire retardant atau tidak merambatkan api.
  6. Anti rayap dan serangga, aplikasi pada bahan yang mengandung kayu dapat melindungi dari risiko rayap dan karena polyurethane mampu menutup sampai celah yang kecil sehingga dapat mencegah masuknya binatang atau serangga.
Sedangkan kekurangan dari Spray Polyurethane Foam adalah karena bersifat menyatu akan agak sulit memperbaiki jika terjadi kebocoran. Misalnya pada atap yang telah dipasang Spray Polyurethane Foam terjadi kebocoran maka kita harus membongkar insulasi pada area tersebut dan nantinya perlu dispray ulang jika kebocoran atapnya sudah selesai diperbaiki.

Jadi sangat penting untuk memastikan pemasangan penutup atap sudah benar dan tidak bocor sebelum dilakukan pekerjaan Spray Polyurethane Foam. 

Berapa harga insulasi Spray Polyurethane Foam?
Untuk pertanyaan ini harus dijawab langsung oleh pihak suppliernya. Karena harga insulasi Spray Polyurethane Foam sangat bervariasi tergantung dari ketebalan insulasi yang diinginkan, luas bidang yang akan dikerjakan atau volume pekerjaan, dan lokasi pekerjaan.  

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang Spray Polyurethane Foam Untuk Peredam panas Dan Suara, semoga bermanfaat bagi Anda.

Back To Top