4 Tips Pilihan Memilih Unit Ruko Yang Tepat

Memilih Unit Ruko Yang Tepat

Rumahmaterial.com - Ruko yang merupakan gabungan antara rumah dan tempat usaha / toko adalah salah satu unit investasi properti yang menguntungkan jika kita bisa memilih unitnya dengan tepat. 

Untuk memilih ruko yang baik secara tepat ada beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum kita memutuskan untuk membeli suatu unit ruko tersebut. 

Berikut adalah 4 tips pilihan untuk memilih ruko yang tepat, yaitu  : 

1. Lokasi, lokasi, dan lokasi 

Perlu diperhatikan dimana lokasinya, apakah berada di lokasi yang ramai dan dekat dengan perumahan, atau justru malah terletak di daerah yang sepi dan jauh dari lokasi perumahan. 

Apakah lokasi ruko terletak di wilayah yang baik keamanannya? Selain dari sisi keamanan terhadap potensi kriminalitas, juga keamnaan dari sisi bencana misalnya banjir. Pastikan ruko tersebut terletak di daerah bebas banjir. 


Lokasi juga jangan sampai terlalu dekat dengan tempat pembuangan sampah lingkungan, yang dapat mempengaruhi kebersihan lingkungan sekitarnya dan kemungkinan bisa menyebabkan adanya bau yang mengganggu. 

Aksesnya juga harus diperhatikan, apakah jalan di depan ruko merupakan jalan raya yang cukup lebar dan lalu lintasnya cukup padat, atau malah sangat padat sehingga merupakan daerah sumber kemacetan. 

Selain itu perlu diperhatikan aksesibilitasnya, apakah lokasi ruko tersebut mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Terakhir perlu pula diperhatikan apakah tersedia lahan parkir yang cukup untuk pelanggan kita nantinya. 

2. Perhatikan Sisi Legalitas

Dari sisi legalitas perlu dicari tahu apakah secara legal ruko tersebut tidak bermasalah? bagaimana sertifikat tanahnya? Apakah ada IMB untuk pembangunan ruko tersebut? Siapa pengembangnya? Bagaimana sistem perjanjian jual beli dengan pengembangnya? 

Kita dapat berkonsultasi dengan notaris untuk mendapatkan informasi hukum / legal yang dapat dipercaya.

3. Kualitas dan Mutu bangunan

Kita harus memastikan kondisi bangunan ruko yang kita minati benar-benar prima. Jika ruko dibangun oleh kontraktor segera cek siapa kontraktornya dan carilah informasi tentang hasil pekerjaan dari kontraktor tersebut di proyek-proyek yang lain. 


Pastikan bahwa material atau bahan bangunan yang dipakai memiliki spesifikasi yang baik. Periksa juga kualitas bangunan yang ada, apakah terjadi kebocoran atau masalah-masalah bangunan yang lain. 

4. Harga Jual Yang Wajar

Terakhir tinjaulah apakah harga yang ditawarkan masih dalam batas yang wajar. Carilah data harga ruko di daerah itu dengan luasan dan spesifikasi yang hampir sama, atau bandingkan dengan ruko lain yang kita minati. 

Mungkin untuk masalah harga dapat berkonsultasi dengan broker properti profesional untuk mengetahui harga pasar yang wajar.

Posting Komentar untuk "4 Tips Pilihan Memilih Unit Ruko Yang Tepat"