Perhitungan Biaya Pondasi Tower Crane

Pondasi Tower Crane + Angkur
Pondasi Tower Crane + Angkur
Tower crane merupakan salah satu peralatan utama untuk pelaksanaan pekerjaan bangunan tinggi yang digunakan untuk memudahkan mobilisasi material secara vertikal.

Dalam pelaksanaan konstruksi biaya penggunaan tower crane atau biaya sewa tower crane cukup besar seperti pernah kami ulas dalam artikel sebelumnya tentang Contoh Perhitungan Biaya Sewa Tower Crane Dalam Proyek Konstruksi.

Salah satu komponen biaya yang ada adalah biaya untuk pondasi tower crane. 

Pondasi Tower Crane merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk menjamin keamanan dari penggunaan tower crane tersebut karena jika pondasinya tidak memadai dapat menimbulkan kecelakaan kerja seperti tower crane yang roboh atau ambruk. 

Dari sisi biaya pondasi tower crane juga membutuhkan biaya yang cukup besar karena selain dimensi pondasi tower crane yang cukup besar, pembesiannya yang banyak dengan jarak cukup rapat, selain itu biasanya membutuhkan juga pondasi tiang pancang. 

Besarnya biaya pondasi tower crane berkisar lebih dari seratus juta rupiah untuk satu unitnya. 

Tetapi angka tersebut hanya untuk estimasi cepat saja karena dimensi pondasi tower crane dan ukuran / jarak pembesian, mungkin bisa berbeda-beda tergantung dari kapasitas, ketinggian, dan panjang jangkauan lengan atau jibnya. 

Dari pengalaman salah satu sumber rumahmaterial.com, untuk tower crane dengan panjang jib 50 m untuk bangunan 8 lantai, proyeknya menggunakan pondasi tower crane dengan pondasi tiang pancang dengan ukuran 25x25 cm sebanyak 5 titik. 

Sedangkan untuk pondasi beton bertulang berukuran 4,5 x 4,5 x 1,8 m, dengan penulangan besi D25-100 dua lapis atas bawah. 

Dari data di atas maka kita dapat membuat Bill Of Quantity (BQ) item pekerjaan pondasi tower crane seperti uraian di bawah ini.

Uraian / Item Pekerjaan VolumeSatuan
Pengadaan tiang pancang 25x25 cm   70,000 m'
Pemancangan 70,000 m'
Sambungan tiang pancang 5,000 bh
Bobok kepala tiang pancang 5,000 ttk
Galian tanah 84,500 m3
Pasir urug 2,500 m3
Lantai kerja 1,250 m3
Cor beton K-350 36,450 m3
Pembesian  4588,195 kg
Bekisting batako 32,400 m2

Untuk perhitungan biaya pondasi tower crane per unit dapat dihitung sesuai BQ di atas dengan catatan sebagian item pekerjaan dihitung harga terpasang atau material termasuk upah. 

Kecuali kalau memang itemnya hanya upah saja seperti upah pemancangan, bobok kepala tiang pancang, dan galian tanah.

Demikian artikel tentang perhitungan biaya pondasi tower crane yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Perhitungan Biaya Pondasi Tower Crane"