Carpet Tile Untuk Lantai Area Perkantoran

Carpet Tile Untuk Lantai Area Perkantoran

Carpet tile
merupakan salah satu jenis penutup lantai untuk suatu ruangan. Carpet tile adalah karpet dalam ukuran moduler dengan ukuran standar modul 50x50 cm, tetapi kadang ada juga produk carpet tile tipe premium dengan ukuran modul 60x60 cm. 

Carpet tile dapat digunakan untuk bangunan rumah tinggal meski sebenarnya penggunaannya lebih sering untuk lantai di area perkantoran.

Secara umum jenis carpet tile dilihat dari sisi materialnya dan metode konstruksinya. 

Dari sisi materialnya benang untuk carpet tile dapat terbuat antara lain dari bahan wool, polypropylene, polyamid atau nylon. Sedangkan dari sisi metode konstruksinya carpet tile terdiri dari jenis loop pile, cut pile, dan shaggy.

Carpet tile biasanya merupakan produk impor sehingga untuk pemesanan kita perlu melakukan konfirmasi stok yang tersedia apalagi untuk keperluan mendadak karena belum tentu semua tipe produk tersedia stoknya sesuai dengan volume yang dibutuhkan.

Sedangkan untuk material yang indent umumnya tersedia minimum order misalnya 250 m2 sehingga jika kebutuhan kita di bawah minimum order maka akan dikenakan harga khusus yang lebih mahal. 

Mengapa menggunakan carpet tile? Apa kelebihannya?  

Kelebihan menggunakan carpet tile untuk lantai ruangan anda antara lain adalah : 
  1. Lebih lembut dan nyaman untuk dipijak.
  2. Mudah dan cepat pemasangannya.
  3. Mudah untuk dibersihkan.
  4. Mudah diganti, jika terdapat kerusakan cukup diganti pada tempat tertentu saja tanpa mengganti atau melepas seluruh carpetnya.
  5. Dapat digunakan pada aneka ruangan jika digunakan di rumah tinggal. 
  6. Aman dan tidak licin, mengurangi risiko jatuh karena terpeleset.
  7. Menambah kedap suara pada ruangan.
  8. Tersedia banyak macam motif dan warna yang bisa dikombinasikan.

Bagaimana cara pemasangan carpet tile?

Pemasangan carpet tile ada yang menggunakan lem khusus, ada juga yang tidak menggunakan lem, dan dipasang langsung di atas screed permukaan lantai atau tanpa menggunakan lapisan underlayer seperti pada carpet roll. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pemasangan carpet tile yaitu :
  1. Pada permukaan lantai beton perlu dilakukan screed perata lantai dan acian untuk mendapatkan permukaan lantai yang rata dan halus
  2. Jika digunakan untuk lantai dasar atau basement, pastikan tidak ada kelembaban pada permukaan lantai.
  3. Lokasi pemasangan carpet tile harus kering, bersih, tidak ada gangguan seperti pekerjaan lain dan furniture.
  4. Pekerjaan carpet tile dilakukan setelah semua pekerjaan lain selesai, sebelum dilakukan penempatan furniture. 

Bagaimana perawatan lantai carpet tile?

Perawatan lantai yang menggunakan carpet tile secara umum cukup mudah yaitu dengan menggunakan vacum cleaner secara teratur untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Selain itu jika tekena kotoran harus langsung dibersihkan agar tidak menyebar.

Jika sampai ada cairan yang tumpah harus langsung dikeringkan dengan menggunakan lap yang dapat menyerap air. Atau jika perlu dilepas dapat juga dibersihkan dengan menggunakan detergen, sikat dengan lembut, dan dibilas dengan air sampai bersih setelah kering baru dipasang kembali.

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang carpet tile sebagai salah satu material penutup lantai, semoga bermanfaat...!

Posting Komentar untuk "Carpet Tile Untuk Lantai Area Perkantoran"