Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Lebih Baik Menggunakan Jalan Paving, Aspal, Atau Beton?

Jalan lingkungan merupakan infrastruktur yang sangat penting sebagai akses menuju suatu tempat. Paling tidak ada tiga macam perkerasan jalan yang sering digunakan sebagai jalan lingkungan antara lain adalah jalan paving, jalan aspal, dan jalan beton.

Dari ketiga macam perkerasan jalan tersebut pilih yang mana? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus melihat dari beberapa macam sisi yaitu sisi biaya, sisi pelaksanaan, dan sisi kualitas, lalu baru dipilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Jalan Aspal

Dari Sisi Biaya

Jika dana yang ada terbatas mungkin dapat dipilih menggunakan jalan paving block, pilihan selanjutnya adalah jalan aspal yang membutuhkan biaya lebih murah dari jalan beton. Selain dari harga material, biaya pelaksanaan pekerjaan pembuatan jalan juga dipengaruhi oleh biaya upah tenaga kerja dan kebutuhan pemakaian  alat bantu.

Penjelasan lebih lengkap tentang perkerasan jalan paving pernah kami ulas dalam artikel Paving Block Untuk Perkerasan Jalan Dan Parkir Yang Ekonomis.

Dari Sisi Waktu Pelaksanaan

Jika ingin pelaksanaan pekerjaan lebih mudah dan cepat juga dapat memilih menggunakan jalan paving block. Pilihan selanjutnya adalah jalan aspal yang membutuhkan waktu pelaksanaan lebih cepat dari pembuatan jalan beton. Dalam proses pelaksanaannya jalan beton membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai kekuatan rencananya sampai bisa dilewati kendaraan.

Dari Sisi kemudahan Pelaksanaan 

Jika harus memilih, yang paling mudah dilaksanakan adalah pembuatan jalan paving block karena tidak memerlukan alat berat atau alat khusus dan pemasangan bisa dikerjakan oleh tenaga manusia.

Tidak seperti pembuatan jalan beton yang membutuhkan truck mixer beton readymix serta harus membuat dulu bekisting atau cetakan beton dan memasang pembesian tulangan.
   
Sedangkan jalan aspal membutuhkan material aspal yang harus dipanaskan terlebih dahulu dan alat pemadat mesin gilas agar hasil pekerjaannya maksimal.

Dari Sisi Kualitas

Jika sisi kualitas yang dinomor satukan tentunya apalagi pada daerah yang permukaan tanahnya kurang baik pilihlah jalan beton yang memiliki kemampuan menahan beban yang berat serta memiliki ketahanan yang baik terhadap genangan air dan banjir.

Jangan lupa simak juga artikel rumahmaterial.com sebelumnya yang membahas tentang Jalan Beton Dengan Kelebihan Dan Kekurangannya.

Untuk jalan paving kualitas sangat dipengaruhi oleh mutu material paving dan kepadatan tanah dasar di bawahnya. Jika tanah dasarnya kurang baik maka jalan paving mudah bergelombang atau amblas.

Sedangkan jalan aspal tidak tahan terhadap genangan air dan banjir serta seperti jalan paving, permukaan tanah dasar juga harus benar-benar baik agar jalan aspal tidak mudah bergelombang atau amblas.

Demikian sedikit info tentang perkerasan yang dapat dipilih untuk jalan lingkungan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semoga bermanfaat bagi anda…!

Back To Top