Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Pastikan Memilih Sealant Berkualitas Untuk Bangunan Anda

Untuk pekerjaan façade bangunan seperti dinding aluminium composite panel, curtainwall, pintu dan jendela kaca ada material yang sangat penting tetapi kadang sering diremehkan orang, material tersebut adalah sealant.

Orang kadang cenderung untuk lebih memperhatikan kualitas rangka, aluminium composite panel, kusen aluminum, dan kaca tetapi kadang kurang memperhatikan masalah sealant. Padahal sealant ini sangat penting terutama untuk mencegah kebocoran terutama pada sambungan atau joint.

Jika kita memilih produk produk sealant yang berkualitas kurang baik setidaknya ada beberapa masalah yang mungkin terjadi antara lain : sealant akan menggelembung, menyusut, mengelupas, sehingga menyebabkan kebocoran atau kadang ada juga yang meninggalkan noda pada bidang sekitarnya.

Tentunya jika sudah timbul masalah dan ingin dilakukan sealant ulang itu bukan pekerjaan yang mudah, karena seluruh sealant lama harus dikupas sampai bersih semua baru bisa dilakukan sealant ulang. Bayangkan jika yang akan disealant ulang adalah façade curtainwall bangunan tinggi, pasti akan sangat sulit untuk melaksanakannya.

Sealant



Jangan lupa simak artikel rumahmaterial.com sebelumnya yang membahas tentang curtainwall dalam artikel Curtainwall Untuk Facade Gedung Yang Modern Dan Elegan.

Sealant umumnya terdiri dari warna standar seperti putih, abu-abu, hitam, dan clear atau bening tetapi kadang ada juga produk sealant yang menyediakan warna lain yang lebih lengkap seperti cream dan lain-lain. Pilihlah warna yang sesuai dengan warna bidang yang ada sehingga akan selaras dengan desain yang diinginkan.

Ciri-ciri sealant berkualitas baik antara lain : memiliki daya rekat yang kuat dan tahan lama serta elastis dan tidak mudah putus.  Selain itu juga tidak meninggalkan noda, tidak mudah berjamur dan mudah dibersihkan, serta tidak berbau dan debu tidak mudah menempel.

Demikian sedikit ualsan tentang sealant yang biasa digunakan pada dinding aluminium composite panel, curtainwall, serta pintu dan jendela kaca. Semoga bermanfaat...!

Back To Top