Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Mengenal Pintu Kaca Frameless

Pintu kaca sering digunakan terutama untuk bangunan perkantoran. Jenis pintu kaca secara garis besar terdiri dari dua macam yaitu pintu kaca frameless  dan pintu kaca dengan frame (bisa frame aluminium atau kayu). 

Apa itu pintu kaca frameless?

Pintu kaca frameless adalah jenis pintu kaca yang tidak menggunakan frame aluminium atau kayu untuk daun pintu dan tidak menggunakan kusen. Daun pintu kaca frameless yang bisa terdiri dari satu daun (jenis pintu single) atau dua daun (jenis pintu double) biasa menggunakan material kaca tempered 12 mm agar terjamin kekuatan dan keamanannya mengingat daun pintu sangat dinamis terus menerus dibuka dan ditutup.

Pintu Kaca Frameless

Kaca tempered? Apakah beda dengan kaca biasa? Jawaban pertanyaan tersebut ada pada artikel rumahmaterial.com sebelumnya tentang Mengenal Material Kaca Tempered.

Pintu frameless sering digunakan di bangunan perkantoran dan pusat perbelanjaan atau mall. Umumnya pintu kaca frameless dikombinasikan dengan dinding partisi kaca tempered. Partisi kaca dan pintu kaca frameless sering digunakan untuk pembatas ruang rapat, ruang kerja di area perkantoran serta untuk pembatas area tenant / toko pada pusat perbelanjaan.

Jenis kaca yang digunakan umumnya adalah kaca bening atau clear glass tempered. Jika ingin ada motif pada kaca bisa mnggunakan stiker sandblast yang dibentuk sesuai motif yang diinginkan misalnya garis-garis vertikal, garis-garis horisontal, atau motif pola tertentu.

Apa saja yang mempengaruhi harga pintu kaca frameless?

Harga pintu frameless antara masing-masing aplikator / supplier bisa berbeda satu sama lain. Paling tidak terdapat tiga komponen biaya yang mempengaruhi harga dari pintu kaca frameless yaitu :

Ukuran pintu kaca frameless, semakin besar ukuran pintu tentunya material kaca tempered yang dibutuhkan juga semakin luas, hal ini tentu akan berpengaruh terhadap biaya mterial daun pintu kaca frameless tersebut.

Hardware pintu kaca frameless, yang terdiri dari handle pintu yang biasanya menggunakan pull handle, floor hinges, dan patch fitting set. Merek dan kualitas produk hardware pintu frameless sangat beraneka ragam, untuk item floor hinges dan patch fitting berkualitas baik orang sering  memilih untuk menggunakan merek Dorma meski harganya relatif lebih tinggi. 

Mengapa floor hinges harus dipilih yang berkualitas baik? Hal itu disebabkan karena floor hinges merupakan bagian penting yang berfungsi untuk menjaga stabilitas dan kekuatan pintu kaca serta membuat pintu bisa dibuka dan ditutup. Jika floor hinges mengalami kerusakan maka pintu tersebut tidak bisa difungsikan. Sedangkan untuk pull handle mungkin dapat dipilih produk berkualitas baik yang harganya tidak terlalu mahal karena pull handle seharusnya tidak pernah ada masalah selama pemakaian normal.

Terakhir adalah jenis pintunya satu daun (pintu single) atau dua daun (pintu double). Jika menggunakan pintu single kita mendapatkan harga sekian rupiah maka untuk pintu double harganya akan menjadi dua kali lipatnya jika ukuran satu daun pintunya sama. 

Demikian sekilas informasi tentang pintu kaca frameless yang dapat rumahmaterial.com sampaikan semoga bermanfaat bagi anda.

Back To Top