Apa Saja Hardware Yang Diperlukan Untuk Pintu Kaca Frameless?

Setelah sebelumnya rumahmaterial pernah membahas tentang pintu kaca frameless secara umum dalam artikel Mengenal Pintu Kaca Frameless, pada kesempatan ini kami ingin berbagi informasi tentang tiga jenis hardware yang dipakai untuk pintu kaca frameless. 

tersebut yaitu floor hinges, patch fitting set, dan pull handle. 

1. Floor Hinges

Merupakan komponen yang sangat penting dari hardware pintu frameless, sebagai engsel yang tertanam dalam lantai dan berfungsi untuk buka tutup pintu tanpa menimbulkan risiko kerusakan untuk pintu kaca. 

Selain itu dalam komponen floor hinges terdapat mekanisme pegas yang membuat pintu tetap stabil dan tidak terayun berlebihan, jika didorong atau ditarik tidak terlalu berat setelah itu perlahan-lahan bisa menutup sendiri. Ada juga fungsi hold open untuk menahan pintu selalu terbuka secara penuh. 

Keunggulan menggunakan floor hinges antara lain adalah mampu menahan beban pintu yang berat (bahkan ada tipe yang bisa menahan beban lebih dari 180 kg), pintu dapat dibuka 180’ atau pintu bisa dibuka tutup dengan didorong dan ditarik. 

Penggunaan floor hinges membuat pintu tampak semakin mewah dan elegan. Kekurangannya mungkin hanya pada harganya yang cukup tinggi untuk merek yang berkualitas baik.

Sangat penting untuk memperhatikan ukuran pintu kaca untuk menentukan beban pintu yang dapat dipikul oleh floor hinges karena floor hinges tersedia untuk beban ringan, sedang, dan berat tergantung juga dari merek dan kualitas floor hinges yang dipilih.

2. Patch Fitting Set

Satu set patch fitting set, bisa terdiri dari bottom patch fitting, top patch fitting, top pin, overpanel pivot patch fitting, overpanel, bottom / top patch lock , cylinder. 

Penggunaan komponen patch fitting menyesuaikan dengan jenis pintunya misalnya apakah perlu kunci atau tidak, pintu kaca frameless berbatasan dengan dinding biasa atau partisi kaca, karena masing-masing jenis pintu akan membutuhkan komponen patch fitting yang tidak sama. 

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar beberapa jenis pintu frameless di bawah ini.
Hardware Patch Fitting Pintu Kaca Frameless

Hardware Patch Fitting Pintu Kaca Frameless

Hardware Patch Fitting Pintu Kaca Frameless
Yang pasti sama adalah komponen top patch fitting dan bottom patch fitting pada daun pintu kaca frameless. 

Selain itu ada sedikit perbedaan terutama untuk penggunaan top pin, overpanel pivot patch fitting, overpanel, serta pengunci berupa bottom / top patch lock, cylinder.

3. Pull Handle

Untuk handle pintu frameless sering menggunakan bahan stainless steel yang bisa berbentuk pipa atau kotak. Umumnya handle pintu frameless berukuran cukup panjang bisa 60 cm atau lebih tergantung dari ukuran pintu dan desainnya.

Demikian ulasan tentang hardware pintu kaca frameless yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

Posting Komentar untuk " Apa Saja Hardware Yang Diperlukan Untuk Pintu Kaca Frameless?"