Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Shower Screen, Dinding Pembatas Area Mandi Yang Elegan

Pada desain ”kamar mandi kering” untuk area mandi atau shower biasanya menggunakan partisi kaca yang disebut shower screen. Tujuannya tentu saja untuk memisahkan area shower untuk mandi yang basah dengan area yang kering. Shower screen sendiri secara umum terdiri dari dua macam yaitu shower screen yang dibuat custom sesuai desain dan shower screen yang diproduksi pabrikan yang keduanya menggunakan material kaca tempered untuk dinding partisi dan pintunya.

Apa itu kaca tempered? Silahkan simak penjelasannya dalam artikel rumahmaterial.com sebelumnya tentang Mengenal Material Kaca Tempered.

Untuk shower screen produksi pabrikan sudah ada standar ukuran tertentu dan terdiri dari material aluminium dan partisi kaca yang tersedia dalam sistem pintu swing maupun sliding. Kadang produk ini dibuat seperti ruangan kecil yang ada plafonnya seperti box sehingga sering disebut juga shower box.

Shower Screen


Sedangkan untuk shower screen custom biasanya menggunakan partisi kaca tempered dengan desain frameless atau menggunakan rangka / kusen atau juga lis dan pintu kaca dengan sistem pintu swing. Untuk tingginya, shower screen biasanya dibuat setinggi dua meter, tidak full sampai plafon agar tidak pengap dan masih ada sirkulasi udara.

Komponen shower screen terdiri atas partisi kaca yang biasanya menggunakan material kaca tempered 10 mm dan pintu kaca menggunakan kaca tempered 12 mm, shower hinge yang menghubungkan antara kaca dengan kaca (glass to glass) dan kaca dengan dinding (glass to wall), serta handle khusus untuk pintu shower. Selain itu kadang menggunakan rangka seperti kusen aluminium atau stainless steel.

Handle pintu shower umumnya berbentuk horizontal memanjang pada pintu bagian dalam shower screen sehingga dapat digunakan untuk menggantung handuk.

Dengan menggunakan shower screen maka kamar mandi kering akan lebih bersih dan tidak terlalu lembab serta penampilan kamar mandi menjadi lebih elegan jika dibandingkan dengan menggunakan tirai atau shower curtain pada area shower.

Demikian sedikit informasi tentang shower screen yang dapat kami sampaikan untuk saat ini, semoga bermanfaat…!

Back To Top