Tips Pekerjaan Pengecatan Yang Aman Dan Sehat

Cat Dinding

Rumahmaterial.com - Pekerjaan pengecatan atau finishing biasanya merupakan pekerjaan akhir sebelum proyek selesai. Dalam pelaksanaan pekerjaan finishing kita harus selalu memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan terutama dalam pemilihan material dan proses pelaksanaan pekerjaannya.

Untuk pemilihan materialnya, sedapat mungkin pilihlah material cat yang aman dan ramah lingkungan (tidak menggunakan material timah hitam atau pun merkuri). Meski mungkin harganya sedikit lebih mahal, utamakan untuk memilih cat berbahan dasar air waterbase. 

Untuk pelaksanaan pekerjaan pengecatan terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan :
  1. Jika memungkinkan lakukan pekerjaan pengamplasan basah daripada pengamplasan kering untuk menghindari debu yang dihasilkan.
  2. Jangan menghirup uap / semprotan cat, lakukan pengecatan di ruangan dengan ventilasi yang baik atau kalau tidak gunakan alat bantu pernafasan / masker.
  3. Hindari kontak dengan kulit, sebaiknya menggunakan sarung tangan selama melakukan pekerjaan pengecatan. Jika kulit terkena percikan cat segera bersihkan dengan sabun dan air, jangan menggunakan pelarut minyak atau thinner.
  4. Hindari kontak cat dengan mata, sebaiknya menggunakan kacamata pelindung selama melakukan pekerjaan pengecatan. Bila mata sampai terkena percikan cat, langsung cuci dengan air mengalir dan segera periksa ke dokter.
  5. Jangan membuang limbah bekas cat langsung ke saluran lingkungan.
  6. Berhati-hatilah dan jangan merokok sambil melakukan pekerjaan pengecatan karena beberapa jenis cat mudah terbakar.
Dengan selalu memperhatikan aspaek keamanan dan kesehatan maka selain hasil pekerjaan lebih baik kualitasnya, produktivitas meningkat, dan lingkungan juga terjaga. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Tips Pekerjaan Pengecatan Yang Aman Dan Sehat"