Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Rumput Sintetis Area Hijau Bebas Perawatan

Rumput Sintetis sering disebut juga Artificial Grass merupakan rumput buatan atau tiruan yang tampilannya menyerupai rumput asli. Umumnya bahan rumput sintetis terbuat dari material polimer PP (PolyPropylene) untuk harga yang paling murah, PE (PolyEthylene) untuk harga menengah, dan PA (PolyAmide) untuk harga yang paling mahal.

Dari penggunaannya, rumput sintetis umumnya terdiri dari dua macam yaitu untuk area indoor dan outdoor yang digunakan untuk area olah raga (seperti lapangan sepak bola, lapangan futsal, lapangan golf, lapangan tennis) dan untuk lansekap atau taman seperti (taman kering, area bermain anak (kids playground), area samping kolam renang).

Mengapa memilih rumput sintetis? Apa bedanya dengan menggunakan rumput asli?

Secara garis besar penggunaan rumput sintetis akan mendapatkan nuansa hijau alami dari rumput tanpa perlu repot untuk memeliharanya. Lebih lengkapnya adalah sebagai berikut :

Rumput Asli / Alami   Rumput Sintetis
Perlu dirawat secara berkala, seperti pemotongan rumput Relatif bebas perawatan, tidak perlu pemotongan rumput, dan mudah dibersihkan
Perlu disiram air secara berkala (boros air) Tidak perlu disiram (hemat air)
Kadang perlu diberi pupuk dan pestisida atau 
anti hama secara berkala
Tidak perlu diberi pupuk dan pestisida 
yang mungkin mengandung racun bagi manusia dan hewan peliharaan
Aplikasi lebih sulit, bisa rusak jika terkena hama atau juga terlalu banyak air Aplikasi pemasangannya mudah dan minim kemungkinan terjadi kerusakan

Rumput Sintetis

Apakah ada tips khusus dalam memilih rumput sintetis?

Berikut adalah lima tips dalam memilih rumput sintetis, antara lain :
  1. Pilihlah rumput sintetis yang kuat dan tidak mudah tercabut.
  2. Pilihlah rumput sintetis yang memiliki lubang resapansehingga dapatmengalirkan air. 
  3. Jika rumput sintetis digunakan di area luar ruangan pilihlah yang mengandung anti UV sehingga warna hijaunya dapat bertahan lama.
  4. Pilihlah rumput sintetis yang mengandung bahan fire retardant sehingga tidak merambatkan api.
  5. Pilihlah rumput sintetis yang tidak mengandung bahan beracun / berbahaya dan ramah lingkungan.

Berapa harga pemasangan dan material rumput sintetis?

Harga rumput sintetis terpasang sangat beraneka ragam tergantung merek, tipe produknya, dan bahan / materialnya, serta volume luasan pemakaian produknya ada yang berada di kisaran Rp. 250.000,- / m2, ada yang berada di kisaran Rp. 350.000,- / m2, dan ada juga yang berada di kisaran Rp. 450.000,- / m2.

Demikian sedikit ulasan tentang rumput sintetis, semoga dapat memberikan tambahan informasi bagi anda yang sedang membutuhkan alternatif material untuk lantai untuk taman kering atau area olah raga di rumah anda.

Back To Top