Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Scrub Up Sink, Bak Cuci Tangan Di Ruang Operasi Rumah Sakit

Apa yang dimaksud dengan scrub up sink?

Untuk orang awam mungkin hampir tidak pernah mendengar tentang scrub up sink, karena ini merupakan produk sanitary khusus yang ada di rumah sakit. 

Scrub up sink atau sering disebut scrub station merupakan salah satu peralatan sanitary standar untuk ruang operasi di rumah sakit yang berfungsi sebagai bak cuci tangan untuk dokter dan tenaga medis yang terlibat langsung dalam kegiatan bedah atau operasi.

Scrub up sink didesain sedemikian rupa sehingga akan menjamin tidak adanya kontaminasi pada saat cuci tangan, dan  tangan dokter serta tenaga medis tetap higienis. 

Biasanya scrub up sink berada di samping atau di depan ruang operasi agar lebih mudah dijangkau oleh dokter dan tenaga medis yang terlibat.

Salah satu produk scrub up sink dari Austindo
(Sumber : Brosur Austindo Scrub UP Sink Standard)

Apa standard produk scrub up sink ?

Bak scrub up sink umumnya terbuat dari bahan stainless steel  grade SUS 304 dengan finishing bermutu tinggi. Salah satu kriteria utama produk ini adalah selalu dalam keadaan higienis dan mudah perawatannya. Produk ini dilengkapi dengan :
  1. UV sterilizer dan water filter.
  2. Tempat sabun otomatis (automatic soap dispenser) dengan cover stainless steel .
  3. Keran steril yang dioperasikan manual menggunakan pedal kaki atau otomatis menggunakan sensor tangan. 
Scrub up sink terdiri dari 3 macam jenis dilihat dari jumlah keran air atau orang yang bisa menggunakannya pada saat bersamaan, yaitu :
  • 1 station dengan 1 keran air, lebar bak cuci stainless steel 1,00 m.
  • 2 stations dengan 2 keran air, lebar bak cuci stainless steel 1,60 m
  • 3 stations dengan 3 keran air, lebar bak cuci stainless steel 2,40 m.  
Karena dilengkapi dengan fitur khusus di atas, maka harga scrub station tentu berbeda dengan harga bak cuci tangan biasa. Harga scrub up sink atau scrub station lengkap dengan keran dan instalasinya bisa mencapai seratus jutaan tergantung dari ukuran dan kelengkapannya.

Posting Komentar untuk "Scrub Up Sink, Bak Cuci Tangan Di Ruang Operasi Rumah Sakit"