Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Partisi Cubicle Toilet Yang Praktis Dan Efisien

Pada toilet bangunan umum seperti mall dan bangunan perkantoran umumnya menggunakan partisi cubicle toilet sebagai pembatas antara beberapa unit toilet. Salah satu keunggulan penggunaan partisi cubicle toilet adalah tidak memakan tempat (efisiensi ruang) dan memiliki nilai estetika yang bagus dari segi arsitektur.

Selain itu partisi cubicle toilet akan meringankan beban struktur bangunan, karena beban partisi yang ringan jika dibandingkan dengan sistem konvensional menggunakan pasangan dinding bata.

Partisi Cubicle Toilet
Partisi Cubicle Toilet
Secara umum keunggulan partisi cubicle toilet adalah sebagai berikut :
  1. Efisiensi ruangan yang ada karena menghemat tempat.
  2. Fleksibel dapat menyesuaikan dengan layout toilet yang diinginkan dan ketinggian pedestal juga dapat disesuaikan.
  3. Mudah dan cepat pemasangannya.
  4. Hardware dari bahan nylon atau ada juga stainless steel yang berkualitas.
  5. Penampilan yang elegan dari segi arsitektur.
Dari bahan panelnya terdapat beberapa macam partisi cubicle toilet diurutkan dari harganya dari yang paling mahal sampai paling ekonomis sebagai berikut :

    Glass Cubicle Toilet 

    Dengan panel dari kaca, ada yang menggunakan kaca tempered, kaca laminated, dengan finish cat, finish stiker warna solid, finish sandblast stiker, maupun finish ceramic (ceramic glass). Pemasangan finishing dilakukan agar kaca tidak tembus pandang dan menambah keindahan. Partisi jenis ini merupakan partisi yang paling mahal dari sisi harga tetapi paling elegan tampilannya.

    Phenolic Cubicle Toilet 

    Dengan panel partisi dari bahan phenolic board yaitu panel compact laminate yang terbuat dari kraft paper yang dilaminasi dengan Resin Melamin dan dipress dengan tekanan tinggi sehingga menciptakan material yang sangat keras dan tahan air. Material Phenolic board memiliki keunggulan antara lain tahan air, tahan api, anti bakteri, tahan terhadap bahan kimia, serta awet dan tahan lama. Phenolic board tersedia dalam beberapa macam warna polos tanpa motif seperti abu-abu dan cream, serta beberapa macam warna dengan motif kayu.

    GRC Cubicle Toilet Toilet 

    Dengan panel partisi dari bahan panel GRC yang difinish dengan cat duco sesuai warna yang diinginkan. Karena sifatnya yang tahan air maka partisi jenis ini cocok digunakan untuk toilet basah maupun toilet kering.

    Wooden Cubicle Toilet 

    Dengan panel partisi dari bahan multipleks atau juga MDF dengan tebal 18 mm lapis HPL. Karena lapis HPL maka terdapat banyak pilihan warna baik tipe polos maupun motif kayu. Tipe wooden ini sebaiknya digunakan untuk toilet kering karena kurang cocok untuk toilet basah.

    PVC Cubicle Toilet 

    Dengan panel partisi dari bahan PVC yang tahan air, terdiri dari beberapa macam pilihan warna. Cocok digunakan untuk tipe toilet kering maupun toilet basah. Meskipun tampilannya kurang elegan, partisi jenis ini merupakan yang paling ekonomis dari sisi harga.
Biasanya pemasangan partisi cubicle toilet dilakukan setelah pekerjaan finishing arsitektur toilet seperti penutup lantai dan penutup dinding, serta sanitary sudah selesai dipasang agar pemasangannya dapat dilakukan secara lebih presisi dan hasil yang rapi. 

Partisi cubicle toilet terdiri dari dua komponen yaitu panel partisi dan hardwarenya. Sedangkan panel partisinya terdiri dari dua macam yaitu panel divider pada sisi pembatas dan panel frontal pada sisi muka termasuk pintunya.
Untuk menghitung volume partisi cubicle toilet ada dua cara yaitu dalam satuan unit (cara mudahnya adalah dengan menghitung jumlah closetnya) dan dalam satuan m2 untuk masing-masing panel frontal dan divider. Tetapi biasanya dari supplier / spesialis partisi cubicle langsung menyajikan perhitungan dalam satuan m2 total luasan cubicle.  
Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang partisi cubicle toilet yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda…!

Back To Top