Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Mengenal Meja Wastafel dan Wastafel Meja

Area cuci tangan merupakan salah satu area yang penting, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan penghuninya. Komponen utama area cuci tangan tentu adalah wastafel. Kadang wastafel terletak dalam kamar mandi atau juga toilet tetapi ada juga wastafel yang terpisah dan berbeda ruangan dengan kamar mandi misalnya wastafel di ruang makan.

Secara garis besar wastafel terdiri dari 2 jenis yaitu wastafel meja (counter lavatory) dan wastafel gantung (hanging lavatory). Untuk wastafel gantung pemasangannya tinggal menggunakan bracket penggantung. Sedangkan untuk wastafel meja biasa memerlukan meja wastafel yang terbuat dari beton dan dilapisi marmer, granit, atau kadang juga homogenous tile (tergantung biayanya mau murah atau mahal).

Meja Wastafel Area Cuci Tangan
Meja Wastafel Area Cuci Tangan

Biasanya ukuran meja beton mempunyai lebar sekitar 60 cm dengan ketebalan 10 cm. Umumnya untuk 1 wastafel panjang meja beton sekitar 80 cm dengan ketinggian sekitar 75 cm dari lantai. Meja beton dibuat dari campuran beton dengan adukan 1 : 2 : 3 dengan tulangan besi wiremesh M6 satu lapis. Sedangkan top table dapat menggunakan marmer, granit, atau homogenous tile. Jika  top table wastafel menggunakan granit umumnya menggunakan granit hitam Nero Assoluto ex. India yang berkualitas baik.

Dalam perhitungan RAB kadang meja beton wastafel diperhitungkan dalam satuan unit atau m3 atau juga m'. Sedangkan top table jika menggunakan marmer atau granit biasa dihitung dalam satuan m''sudah termasuk upah pasang, adukan, ongkos melubangi marmer atau granit untuk lubang penempatan  wastafel.

Area wastafel sering dilengkapi dengan kaca cermin (misalnya ukuran 60x80 cm), tempat sabun (soap dispenser), tempat tisu, dan ada juga yang dilengkapi dengan pengering tangan (hand dryer).

Back To Top