Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Cara Menghitung Material Keramik Tile Lantai

Keramik tile lantai merupakan salah satu jenis material penutup lantai yang sudah sangat umum digunakan terutama untuk bangunan rumah tinggal. Selain keramik tile ada juga homogenous tile atau granit tile yang juga sering digunakan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu homogenous tile, silahkan simak artikel kami sebelumnya tentang Mengenal Penutup Lantai Homogenous Tile.

Pasangan Keramik Lantai
Pasangan Keramik Lantai
Untuk menghitung berapa kebutuhan material keramik tile dan homogenous tile pada dasarnya menggunakan cara yang sama dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Pertama tentukan produk penutup lantainya, pastikan merek dan tipe serta ukuran keramik tile atau homogenous tile yang akan digunakan. Memesan jumlah kebutuhan keramik dalam satuan dus perlu memperhatikan ukuran keramiknya karena beda ukuran keramik beda pula jumlah  keramik dalam dusnya. Misal : untuk ukuran keramik 20x20 cm untuk 1 dus berisi 25 pcs keramik (atau 1 m2), sedangkan ukuran 40x40 cm untuk 1 dus berisi berisi 6 pcs (atau 0,96 m2). 
  2. Hitung luas lantai ruangan yang akan dipasang penutup lantai keramik tile atau homogenous tile.
  3. Perhitungkan juga volume untuk kebutuhan material plin / skirting keramik, karena biasanya plin / skirting lantai menggunakan material yang sama dengan penutup lantainya.
  4. Tambahkan volume waste material sekitar 6% untuk antisipasi material yang pecah / rusak serta kelebihan sisa bahan tidak terpakai yang tanggung ukuran nya tergantung dari pola lantai yang digunakan.
  5. Tambahkan lagi volume cadangan sekitar 5% (jika memungkinkan / opsional ) untuk persediaan jika terjadi pecah keramik yang sudah dipasang di masa yang akan datang agar jika diperlukan penggantian keramik dengan tipe yang sama dengan eksisting warnanya tidak belang. Karena umumnya beda kelompok pembakaran keramik akan menghasilkan beda warna sedikit meski tipenya sama. Selain itu dikhawatirkan tipe keramik yang kita pakai sudah tidak diproduksi lagi (discontinue).
Sebagai contoh perhitungan kita ambil contoh kasus sebagai berikut :
Terdapat ruangan rapat dengan ukuran 8 m x 15 m, berapa jumlah kebutuhan material jika menggunakan material keramik dengan ukuran 40x40 cm tanpa memakai plin / skirting?

Pertama hitung luas ruangan = 8 m x 15 m = 120 m2
Untuk keramik 40x40 cm berisi 6 pcs = 0,96 m2 / dus
Kebutuhan material keramik = 120 m2 / 0,96 m2 / dus = 125 dus
Waste material 6 % = 125 dus x 6% = 7,5 dus dibulatkan jadi 8 dus
Volume persediaan material sekitar 5% = 125 dus x 5% = 6,25 dus dibulatkan jadi 7 dus
Total kebutuhan material keramik termasuk untuk cadangan
= 125 dus + 8 dus + 7 dus = 140 dus
Jika tidak memperhitungkan cadangan = 125 dus + 8 dus = 133 dus

Untuk volume waste pasti perlu ditambahkan, tetapi volume cadangan bisa perlu bisa tidak tergantung dari kebijakan masing-masing karena hanya bersifat opsional tetapi untuk proyek besar biasanya diminta.

Back To Top