Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Cara Praktis Untuk Mengganti Keramik Lantai Lama

Dulu mengganti keramik lantai merupakan pekerjaan yang sangat merepotkan karena kita harus membongkar keramik lantai eksisting baru kemudian memasang lagi keramik yang baru. Tetapi sekarang segalanya menjadi lebih mudah karena terdapat produk mortar instan untuk merekatkan keramik di atas keramik.

Salah satu contoh produk perekat keramik di atas keramik yang ada di pasaran adalah MU 480 dari Mortar Utama.  MU 480 berbahan dasar semen, pasir pilihan, filler, dan aditif yang dicampur secara homogen. MU 480 tersedia dalam kemasan 25 kg.

Untuk daya sebarnya sekitar 5 m2 / sak 25 kg dengan tebal aplikasi 3 mm. Dalam aplikasinya bisa dengan ketebalan adukan 3 mm sampai 10 mm, tetapi tentunya semakin tebal adukan akan semakin boros di material mortarnya.

Pasangan Lantai Keramik
Pasangan Lantai Keramik
Kelebihan menggunakan mortar instan untuk merekatkan keramik baru di atas keramik lama antara lain adalah sebagai berikut: 
  1. Praktis, tidak perlu membongkar keramik lama.
  2. Lebih cepat pelaksanaan pekerjaaannya.
  3. Mudah digunakan, hanya perlu ditambah air.
  4. Lebih hemat di biaya upah.
  5. Baik untuk mencegah lepas dan terangkatnya pasangan keramik / popping.
  6. Kuat menahan beban tekan pada permukaan keramik.
Selain berbagai kelebihannya juga  kekurangan menggunakan cara ini yaitu karena keramik baru menempel di atas keramik eksisting maka otomatis elevasi atau ketinggian lantai juga bertambah setebal adukan mortar ditambah tebal material keramiknya.

Pengaruh ketinggian lantai yang bertambah antara lain kita perlu menyesuaikan ukuran tinggi pintu eksisting (perlu dipotong  / diserut).

Dari kelebihan dan kekurangan di atas, dapat membantu anda mempertimbangkan apakah lebih memilih membongkar keramik lama anda atau menggunakan perekat keramik di atas keramik ini. Semoga bermanfaat...!

Back To Top