Rumah Material

Rumah Dan Bangunan, Info Produk Material Bahan Bangunan

Tips Menata Ruang Tamu Yang Sempit Agar Terlihat Luas

Penataan ruang sangat berpengaruh untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi para penghuninya. Seluas apapun ruangan yang tersedia, jika cara penataan ruangannya tidak tepat, maka akan menimbulkan kesan yang sumpek dan sempit sehingga berimbas kepada suasana ruang yang tidak nyaman.

Ruang Tamu

Nah, jadi jika Anda memiliki ruangan yang sempit, khususnya dalam hal ini adalah ruang tamu, Anda dapat menerapkan beberapa tips tata ruang yang rumahmaterial.com sampaikan berikut ini, supaya ruang tamu Anda yang sempit menjadi tampak luas.

Tips Menata Ruang Tamu Yang Sempit Agar Terlihat Luas

1. Gunakan Siasat Warna Untuk Memanipulasi Ruang Agar Terlihat Luas

Pemilihan warna dalam mendekorasi ruang tamu memiliki peranan yang penting. Percaya tidak percaya warna ruang tamu nantinya akan berpengaruh pada psikologi penghuninya. Oleh karena itu, Anda harus pintar memadukan warna ruang tamu dan juga furniture yang melengkapinya. Terlebih lagi jika Anda memiliki ruang tamu yang sempit, warna yang cocok dapat membuat ruang tamu Anda terlihat luas. 

Berikut ini adalah tips pilihan cat ruang tamu agar terlihat luas.
  • Gunakanlah warna-warna yang cerah untuk memanipulasi ruang tamu yang sempit menjadi tampak luas. Anda bisa menggunakan warna putih, biru muda, abu-abu muda, merah muda, atau warna pastel lainnya.
  • Terapkan warna tersebut pada keseluruhan elemen interior, baik dinding, lantai, maupun langit-langit ruangan.
  • Jika Anda ingin menggunakan material untuk lantai, maka gunakanlah warna yang terang.
  • Catlah plafon Anda dengan warna yang cerah dan netral, seperti putih atau biru muda.
  • Jika Anda suka mengganti-ganti cat warna ruang tamu Anda, maka sebaiknya gunakan warna putih, karena warna ini adalah yang paling netral dan aman serta memudahkan Anda jika sewaktu-waktu ingin ganti warna.
Jangan lupa simak juga artikel tetang Memilih Warna Yang Tepat Untuk Rumah Anda.

2. Berilah Jarak Sedikit Antara Furniture Dan Dinding

Untuk membuat ruang tamu tampak luas, Anda bisa memberi sedikit jarak antara furniture dan dinding sehingga ada kesan bahwa posisi mereka agak jauh dengan dinding. Namun, jika Anda ingin menjadikan ruang tamu sebagai ruang yang terbuka, Anda bisa mengatur furniture agak jauh dari dinding kemudian meletakkannya secara berkelompok secara strategis dan sekiranya dapat memberi kesan yang nyaman bagi penghuninya.

3. Gantilah Sofa Dengan Karpet


Ruang Tamu Dengan Karpet

Salah satu cara untuk mensiasati ruang tamu agar tampak luas adalah dengan mengganti sofa dengan karpet. Anda bisa melihat contohnya pada gambar di atas. Sofa yang besar diganti dengan bantalan kecil yang empuk sebagai tempat duduk, ruangan pun akan terasa lebih longgar dan terkesan luas. 

4. Letakkan Pajangan Di Ruang Tamu Secara Tematik

Hindari meletakkan pernak-pernik di ruang tamu secara berlebihan. Jikalau Anda ingin menyalurkan hobi Anda dan memajangnya di ruang tamu, maka aturlah dengan tematik. Misalnya saja Anda hobi fotografi dan memiliki koleksi foto jaman dulu hingga sekarang, maka aturlah foto tersebut sesuai tahap perkembangan Anda, dari kecil, remaja hingga masa sekarang dan susunlah yang sekiranya strategis dan tidak terkesan padat.


5. Siasati Dengan Furniture Multifungsi

Furniture multifungsi dapat menghemat ruang, sehingga jika suatu saat ada kegiatan yang membutuhkan ruangan  yang luas, Anda bisa melipatnya kembali. Nah, jika Anda memiliki ruang tamu yang sempit Anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan furniture jenis ini. 

6. Jangan Menggunakan Ornamen Ruangan Yang Ukurannya Besar

Jika Anda ingin mempercantik ruang tamu Anda dengan meletakkan ornamen, maka hindarilah memilih ornamen yang besar. Pemasangan ornamen yang besar dapat membuat ruangan terasa sempit dan sesak. Jadi justru bukan nilai seni dekorasi yang didapatkan tetapi malah merusak tata ruangnya.

7. Siasatilah Dengan Menggunakan Wallpaper Yang Bercorak Abstrak

Aplikasi wallpaper pada dinding dapat memberikan kesan ruang tamu tampak menjadi lebih luas dari ukuran sebenarnya. Jadi Anda bisa menggunakan wallpaper dinding ini khususnya yang memiliki corak abstrak dengan dominasi garis-garis yang melebar sehingga ruangan tamu Anda yang sempit tampak lebih luas.

Simak juga pembahasan tentang wallpaper dinding dalam artikel rumahmaterial.com sebelumnya Wallpaper Finishing Dinding Dengan Motif Artistik.

8. Bukalah Tirai Jendela Ruangan Anda

Ruangan yang terang dan cerah dapat menimbulkan kesan ruangan yang lebih luas. Oleh karena itu Anda bisa membuka tirai jendela Anda sehingga menampakkan pemandangan di luar rumah. Dengan cara ini maka Anda memperlihatkan seolah-olah ruang tamu Anda masih memiliki ruangan lain yang tersekat oleh jendela.

9. Ciptakan Ilusi Luas Dengan Meletakkan Kaca Cermin Di Seberang Jendela

Anda bisa meletakkan kaca cermin yang disetting untuk menampilkan jendela yang tembus dengan keadaan luar rumah. Hal ini berguna untuk merefleksikan cahaya sehingga ruangan yang sempit bisa tampak luas.

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan untuk menata ruang tamu Anda yang sempit agar terlihat luas. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda sehingga Anda dapat menciptakan suasana yang nyaman melalui dekorasi ruang tamu Anda.

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon untuk tidak menyampaikan komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel karena tidak akan kami terbitkan. Terima kasih.

Back To Top