Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Tips Menciptakan Kamar Tidur Yang Tenang Dan Nyaman

Kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang sangat penting dalam bangunan rumah tinggal. Dalam kamar tidur kita harus bisa mendapatkan istirahat yang cukup dengan tenang dan nyaman agar kesehatan kita selalu terjaga dan mendapatkan kesegaran serta semangat baru setiap harinya. Karena itu menciptakan kamar tidur yang tenang dan nyaman sangat penting untuk kita perhatikan.

Berikut ini rumahmaterial.com akan mencoba berbagi beberapa tips untuk menciptakan kamar tidur yang tenang dan nyaman, antara lain :

1. Tentukan ukuran ruangan kamar tidur yang sesuai

Ukuran kamar tidur sebenarnya tergantung dari siapa yang menghuni dan apa saja perabot yang ada di dalamnya. Biasanya kamar tidur berukuran 3 m x 3 m, tetapi untuk kamar tidur utama atau master bedroom akan memiiki ruangan yang lebih besar, biasanya minimal 4 m x 3 m karena kamar tidur utama umunya memakai tempat tidur double bed sedangkan kamar tidur biasa hanya menggunakan tempat tidur single bed.

Kamar Tidur Yang Tenang Dan Nyaman


2. Gunakan material yang meredam suara untuk dinding, plafon, pintu dan jendela

Gunakan material bata ringan untuk dinding kamar tidur karena adanya fungsi insulasi yang meredam panas dan suara sehingga ruangan kamar tidur akan lebih tenang dan nyaman. Untuk pintu dan jendela bisa menggunakan produk dengan material UPVC yang lebih kedap dan meredam suara dari luar.

Untuk material kaca jendela akan lebh baik lagi jika menggunakan material double glassing sehingga semakin meredam suara dari luar.


3. Aturlah posisi tempat tidur dengan benar

Pastikan kita menempatkan tempat tidur pada posisi yang tepat. Beberapa ketentuan posisi penempatan tempat tidur yang baik antara lain :
  • Posisi tempat tidur terletak di tengah-tengah sisi panjang atau lebar ruangan, tidak terletak di pojok / sudut ruangan
  • Posisi tempat tidur tidak langsung menghadap ke pintu
  • Posisi kepala kita pada saat tidur tidak dibawah jendela
  • Posisi tempat tidur tidak disamping dinding kamar mandi, karena dikhawatirkan dinding tersebut akan lembab. 

4. Pilihlah warna yang tepat untuk dinding dan plafon kamar tidur

Untuk warna dinding dan plafon kamar tidur pilihlah warna-warna netral yang teduh seperti biru muda, cream muda dan lain-lain. Hindari penggunaan warna-warna dinamis yang terlalu tajam dan mencolok. 

5. Jangan terlalu banyak menempatkan barang dan perabotan

Kamar tidur merupakan tempat istirahat, bukan gudang penyimpanan, maka sebaiknya dalam kamar tidur tidak perlu terlalu banyak barang dan perabotan. Apalagi jika ruangan kamar tidur kita berukuran kecil, jika terlalu banyak barang akan terkesan sempit dan tidak rapi. Selain itu jika terlalu banyak barang dan kita tidak rajin membersihkan ruangan dan perabotnya maka dikhawatirkan akan menjadi sarang debu.

6. Hindari menempatkan barang elektronik di kamar tidur

Barang elektronik seperti televisi tentunya akan membuat kita selalu aktif dan ingin menontonnya. Selain itu kadang barang elektronik juga menyebarkan gelombang elektromagnet yang dapat menyebabkan gangguan tidur.

7. Jika menggunakan AC pastikan dipasang pada lokasi yang tepat

Tempatkan AC pada posisi dinding yang tepat. Jangan sampai hembusan udara AC langsung mengenai tempat kita tidur, karena dapat meyebabkan gangguan kesehatan.


8. Selalu menjaga kebersihan ruangan kamar tidur

Kebersihan kamar tidur harus selalu dijaga agar tetap bersih dan rapi dan tidak menimbulkan masalah pada kesehatan anda. Menjaga kebersihan kamar tidur sebenarnya cukup mudah, hanya perlu meyapu dan mengepel lantai secara rutin, selain itu jangan lupa untuk membersihkan pintu jendela serta lemari dan lain-lain.

Demikian beberapa tips untuk menciptakan kamar tidur yang tenang dan nyaman yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda sekalian.

Back To Top