Panduan Lengkap Mencari Rumah Kontrakan Ideal yang Nyaman

Rumah Disewakan

Punya rumah pribadi tentu menjadi impian semua orang, termasuk Anda. Namun, berbagai pertimbangan seputar finansial dan kondisi keluarga kerap kali membuat niat punya rumah jadi tertunda. 

Hal tersebut bukanlah kendala besar sebab kini banyak rumah kontrakan berkualitas yang dapat menjadi alternatif hunian selama Anda masih berupaya membeli rumah pribadi.

Mencari kontrakan Jogja maupun kota-kota lainnya sekarang makin mudah sejak ada Rumah123.com. Situs tersebut bukan hanya memfasilitasi aktivitas jual beli, tetapi juga memuat informasi lengkap seputar rumah kontrakan di berbagai kawasan di tanah air. 

Anda bisa mendapatkan info lengkap tentang lokasi rumah, biaya sewa, serta spesifikasi lainnya yang dapat menjadi bahan petimbanga ketika mencari rumah kontrakan. 

Kalau Anda sedang berencana mencari rumah kontrakan ideal yang nyaman, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa hal penting berikut ini:

Kenali Kebutuhan Pribadi yang Jadi Prioritas

Setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda ketika hendak mengontrak rumah. Jadi, kebutuhan tersebut wajib jadi prioritas yang sangat mempengaruhi pilihan rumah kontrakan. 

Contohnya, ada orang yang butuh rumah dengan ukuran dapur cukup besar karena berprofesi sebagai pengusaha catering atau ada orang yang butuh rumah dengan kamar banyak untuk menampung keluarga besar. 

Tugas utama Anda adalah memastikan bahwa rumah kontrakan sesuai dengan hal yang jadi prioritas Anda.

Pilih Rumah di Lokasi Strategis

Salah satu keunggulan menempati rumah kontrakan adalah keleluasaan memilih lokasi strategis tanpa harus terikat secara permanen. 

Anda memang dapat memutuskan untuk pindah ketika merasa tidak nyaman bermukim di suatu tempat. 

Kendati demikian, bukan berarti Anda boleh ceroboh ketika memilih lokasi rumah kontrakan. Pertimbangkan beberapa hal krusial ini sewaktu memilih lokasi rumah yang hendak disewa:

  • Letaknya dekat dengan tempat yang Anda datangi secara rutin, misalnya kantor, lokasi bisnis, atau sekolah anak.
  • Posisi rumah tak jauh dari berbagai fasilitas umum, seperti SPBU, rumah sakit, tempat belanja (pasar tradisional, pasar modern, maupun minimarket), dan sekolah.
  • Lingkungannya aman dan tidak terlalu sepi sehingga nyaman diakses selama 24 jam. Beberapa fasilitas tambahan seperti sistem satu pintu di perumahan serta keberadaan CCTV merupakan nilai tambah yang patut dipertimbangkan.
  • Mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi dan berbagai moda transportasi umum.

Lakukan Survei pada Momen yang Tepat

Proses memilih rumah kontrakan juga tak lepas dari tahapan survei. Anda mesti meluangkan waktu untuk survei lokasi secara cermat dengan menyiapkan hal-hal sebagai berikut:

  • Datanglah beberapa kali pada momen yang berbeda, misalnya saat cuaca cerah dan ketika hujan. Dengan demikian, Anda bisa mengenal kondisi rumah secara lebih rinci sewaktu melakukan survei. Contohnya, lingkungan yang mudah banjir bisa langsung terdeteksi sewaktu hujan deras.
  • Siapkan smartphone untuk memotret dan merekam video pada setiap bagian rumah. Langkah ini sangat penting untuk melakukan pertimbangan sebelum mantap menyewa rumah tersebut. Foto dan video juga dapat diperlihatkan kepada anggota keluarga yang tidak ikut pergi survei.
  • Cermati setiap detail pada bangunan rumah, mulai dari sistem pembuangan air, kondisi tembok, posisi setiap ruangan, keberadaan sekat, dan lainnya.  
  • Jangan ragu bertanya kepada warga yang tinggal di sekitar rumah kontrakan. Anda bisa bertanya seputar kondisi lingkungan dan riwayat rumah kontrakan untuk mendukung keputusan ketika hendak menyewa rumah.

Tanyakan Tentang Fasilitas Rumah Secara Detail

Hal krusial lainnya yang harus ditelusuri sewaktu mencari rumah kontrakan adalah fasilitas pada rumah yang bersangkutan. 

Anda harus mengecek daya listrik, keberadaan sumber air serta tangki penyimpanan, jaringan internet, serta fasilitas pendukung lainnya yang mempengaruhi kenyamanan tempat tinggal. 

Semakin banyak fasilitas unggulan yang terdapat pada rumah kontrakan, maka semakin berkualitas pula rumah tersebut, terutama jika harga sewanya terbilang bersahabat.

Telusuri Standar Biaya Sewa di Lokasi yang Bersangkutan

Keinginan untuk mendapatkan rumah kontrakan berkualitas tak boleh membuat Anda lupa mencari tahu harga standar biaya sewa. 

Jadi, tanyakan dulu tentang standar harga tersebut pada lingkungan sekitar rumah yang akan Anda sewa. Info tentang standar biaya sewa dapat menjadi acuan bagi Anda untuk menilai apakah biaya yang diinginkan pemilik rumah tergolong mahal atau tidak. 

Kalau Anda memutuskan untuk tidak jadi menyewa suatu rumah, Anda bisa mencari rumah lain di lingkungan sekitar dengan harga sewa yang relatif lebih ramah bagi kantong.

Cari Tahu Mengenai Ketentuan Sewa

Ketika Anda sudah merasa cocok dengan rumah yang hendak Anda sewa, maka bergegaslah mencari tahu tentang ketentuan sewa. 

Ketentuan tersebut meliputi biaya sewa per bulan atau per tahun, penyewaan rumah dalam kondisi kosong atau beserta barang, kewajiban berupa deposit, serta hal-hal teknis lainnya. 

Informasi seputar biaya sewa dan uang deposit jelas penting supaya Anda bisa menyesuaikannya dengan bujet yang telah Anda siapkan. 

Jangan ragu mengajukan penawaran terhadap biaya sewa kalau Anda memang benar-benar merasa cocok dengan kondisi rumah.


Ketelitian Anda dalam mencari rumah kontrakan tentu akan membuahkan hasil maksimal. Bila Anda pernah mengalami hal buruk ketika menyewa rumah, semoga hal tersebut menjadi pengalaman berharga yang membuat Anda semakin cermat. 

Sekarang, mari mengakses info di situs Rumah123.com terlebih dahulu untuk menelusuri keberadaan rumah-rumah kontrakan di lokasi yang Anda inginkan.

Posting Komentar untuk "Panduan Lengkap Mencari Rumah Kontrakan Ideal yang Nyaman"