Mengenal Jenis Tiang Lampu Jalan dan Komponennya

Tiang Lampu PJU

Penerangan jalan umum atau PJU merupakan infrastruktur lampu yang dipasang di pinggir jalan untuk memberikan penerangan pada malam hari. Dengan adanya PJU ini, pengguna jalan bisa melintas di jalan dengan rasa aman dan nyaman. 

Keberadaaan tiang PJU ini sangat penting untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pengguna jalan. 

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bila tiang lampu penerangan jalan terdiri dari banyak jenis. Bila dilihat sekilas, bentuk tiang lampu memang seperti tidak berbeda padahal tiang lampu Jalan terdiri dari banyak jenis. 

Selain untuk menerangi jalan ketika malam hari, tiang lampu jalan juga menambah nilai estetis tata kota sehingga bentuknya juga harus diperhatikan. 

Bahan pembuat tiang lampu

Tiang penerangan jalan dibuat dari bahan yang khusus sehingga bisa bertahan di segala kondisi cuaca baik panas maupun hujan. Bahan yang digunakan tidak mudah berkarat atau keropos dan bisa bertahan dalam waktu yang lama. 

Beberapa bahan untuk pembuatan tiang lampu Jalan adalah besi baja, logam pipa, dan pipa besi bulat. Besi baja merupakan bahan yang paling umum digunakan untuk tiang PJU karena awet dan kuat serta tahan karat dan korosi. 

Sedangkan logam pipa biasa digunakan untuk tiang lampu model klasik dan dekoratif karena cenderung lebih ringan dan mudah dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan. 

Bahan lainnya adalah pipa besi bulat biasanya digunakan untuk jenis lampu antik. 

Pipa besi bulat biasanya dikombinasikan dengan kombinasi bahan logam atau FRP komposit dan menggunakan pondasi base plate yang dilengkapi lubang baut. 

Jenis tiang lampu PJU

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum membangun lampu PJU adalah perencanaan. Dalam perencanaan ini harus mempertimbangkan jenis tiang lampu jalan yang akan digunakan. 

Penggunaan tiang lampu dengan jenis yang berbeda akan menghasilkan daya penerangan yang berbeda pula. 

Selain itu pemilihan tiang lampu jalan juga harus mempertimbangkan kondisi jalan dan kebutuhan lainnya. Berikut ini beberapa jenis tiang lampu penerangan jalan. 

Tiang PJU Octagonal

Tiang lampu octagonal juga dikenal sebagai tiang general purpose atau multifungsi. 

Tiang lampu jenis ini biasanya digunakan untuk jenis lampu sorot dan dibangun pada jalanan yang luas ataupun tempat terbuka seperti lapangan olahraga dan sejenisnya. 

Tinggi tiang PJU oktagonal ini mulai dari 4,5 meter hingga 35 meter atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Tiang lampu Hexagonal

Tiang lampu jenis hexagonal ini hampir mirip dengan tiang lampu octagonal. Penggunaanya juga hampir sama. Pemilihan tiang lampu hexagonal ini juga tetap mempertimbangkan kebutuhan jalan. 

Tiang lampu bulat

Tiang lampu bulat merupakan salah satu tiang lampu yang paling banyak digunakan. 

Tiang lampu jenis bulat dibuat dengan membentuk plat besi roll menjadi tiang lampu bulat kemudian dicelup dalam timah galvanis. Ketinggian tiang lampu bulat ini mencapai 13 meter. 

Tiang PJU high mast

Tiang lampu high mast atau high mast lighting merupakan salah satu tiang penerangan lampu jalan yang digunakan untuk area yang luas. 

Biasanya area yang membutuhkan pencahayaan dengan cakupan yang luas seperti bandara, lapangan, dermaga, dan sejenisnya. Lampu yang digunakan pada tiang PJU high mast ini biasanya lebih dari satu untuk menghasilkan cahaya yang terang. 


Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih tiang lampu jalan. Tidak hanya lokasi pemasangan, namun bahan pembuat dan jenis tiang lampu juga sangat penting. Memilih tiang lampu dengan jenis yang sesuai akan memberikan pencahayaan yang maksimal. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis Tiang Lampu Jalan dan Komponennya"