Ini kelebihan Tiang PJU Berbahan Stainless Steel

Tiang PJU

Tiang Penerangan Jalan Umum atau singkatnya Tiang PJU terdiri dari banyak jenis dan desain untuk berbagai kebutuhan penerangan jalan. 

Hal ini karena tipe jalan yang berbeda memerlukan tiang PJU yang berbeda pula. Memilih tiang lampu jalan yang sesuai dengan kriteria sangat penting untuk memastikan bila PJU berfungsi dengan maksimal dan bermanfaat bagi pengguna jalan. 

Selain itu, pertimbangan memilih tiang PJU adalah desain yang sesuai dengan tata kota sehingga tiang PJU meningkatkan keindahan jalan. 

Jenis tiang lampu jalan

Ada banyak jenis tiang PJU yang biasa digunakan. Salah satu jenis tiang yang biasa digunakan adalah tiang bulat. Selain itu ada pula tiang model oktagonal dan hexagonal yang digunakan untuk tiang PJU model klasik. 

Disamping model yang berbeda, bahan pembuat tiang PJU juga bervariasi. Ada tiang penerangan jalan yang dibuat dari bahan besi baja dan juga stainless steel. 

Bahan stainless steel menjadi salah satu bahan tiang PJU yang banyak digunakan karena mempunyai karakteristik yang berbeda dari logam lain. 

Logam ini dinilai lebih ekonomis dan efisien untuk digunakan sebagai tiang penerangan jalan. 

Keunggulan tiang lampu jalan stainless steel

Logam stainless steel sudah banyak digunakan untuk peralatan dapur atau rumah tangga. Karakteristik logam ini tidak mengubah rasa makanan dan tidak berkarat sehingga awet digunakan untuk memasak. 

Tidak hanya untuk peralatan makan dan memasak, stainless steel juga digunakan untuk bahan pembuat tiang lampu jalan. Dibanding dengan logam lain seperti baja atau besi, stainless steel ini lebih efisien dan unggul. 

Berikut ini adalah beberapa keunggulan tiang penerangan jalan yang menggunakan bahan stainless steel. 

a. Awet 

Stainless steel mempunyai kandungan kromium yang tinggi yaitu minimal 10,5%. Logam krom ini mempunyai peranan penting dalam pembentukan lapisan tahan korosi. 

Krom inilah yang membuat bahan stainless steel tahan terhadap korosi atau karat secara alami meski tidak melalui proses pelapisan seng atau galvanisasi. Sehingga tiang lampu stainless steel bisa bertahan dari korosi dan lebih awet untuk pemakaian jangka panjang. 

Selain itu, ketahanan stainless steel juga setara dengan bahan lain seperti besi atau baja. Stainless steel mempunyai rangka yang kokoh dengan tingkat ketahanan yang tinggi. 

Tidak hanya itu stainless steel ini tahan terhadap cuaca dan tidak mudah rusak karena oksidasi. Bila dibandingkan dengan bahan baja atau besi, stainless steel sama-sama mempunyai ketahanan yang tinggi dan awet digunakan untuk waktu yang lama. 

b. Tampilan lebih elegan

Salah satu keunggulan stainless steel adalah warnanya yang silver mengkilap. Tiang lampu dari bahan stainless ini terlihat mewah dan elegan meski tanpa proses pengecatan. 

Dengan tampilan yang bagus, tidak heran bila tiang lampu stainless banyak digunakan untuk dekorasi taman kota dan lampu PJU. 

c. Minim perawatan

Keunggulan lain bahan stainless steel adalah minim perawatan. Bahkan dengan perawatan yang minimal, tampilan tiang lampu stainless steel tetap mengkilap dan tidak mudah berkarat. 

Dibanding dengan bahan tiang lampu lain seperti black steel, bahan stainless steel lebih mudah dibersihkan. 

Selain itu, stainless steel juga tidak mudah ditempeli dengan bahan lain sehingga membuatnya tetap terlihat bersih dalam waktu yang lama. 

Memilih bahan tiang lampu jalan memang harus selektif. Bila memungkinkan pilih tiang lampu yang awet dan tidak mudah berkarat serta minim biaya perawatan. 

Stainless steel menjadi salah satu bahan tiang lampu yang banyak digunakan karena keunggulan dan tampilannya yang mengkilap. 

Posting Komentar untuk "Ini kelebihan Tiang PJU Berbahan Stainless Steel"