Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisa Harga Satuan Pekerjaan Bouwplank Sesuai Format SNI Dan Permen PUPR

Pekerjaan Bouwplank

Rumahmaterial.com - Salah satu item pekerjaan persiapan dalam pelaksanaan proyek konstruksi adalah pekerjaan pengukuran dan pemasangan bouwplank.

Bouwplank adalah elemen penting dalam proyek pembangunan yang berfungsi sebagai pembatas untuk menentukan batas area kerja. 

Penggunaan bouwplank membantu menandai bentuk dan ukuran bangunan yang akan dibangun, serta memudahkan dalam menentukan posisi pondasi.

Bouwplank memiliki peran krusial dalam proyek konstruksi dan menjadi kunci keberhasilan pembangunan. Pengaturan bouwplank menentukan tata letak tahapan pekerjaan selanjutnya. 

Oleh karena itu, pemasangan bouwplank harus dilakukan secara hati-hati dan sesuai dengan gambar kerja. Jika terdapat perbedaan kondisi di lapangan, pelaksana proyek harus segera melaporkannya pada direksi atau kepala proyek untuk dilakukan penyesuaian yang tepat. 

Kesalahan dalam peletakan bouwplank dapat berdampak serius pada kelancaran proyek secara keseluruhan.

Beberapa Syarat Pembuatan Bouwplank

Untuk memastikan bouwplank berfungsi dengan baik selama proses konstruksi bangunan, ada beberapa syarat pemasangan yang harus dipenuhi, di antaranya:

  1. Kekuatan dan Ketahanan: Bouwplank harus dipasang dengan baik dan kuat sehingga tetap utuh meskipun terkena gangguan cuaca seperti hujan atau tekanan dari pekerja yang berada di sekitarnya.
  2. Jarak dari Penggalian Tanah: Bouwplank harus diletakkan pada jarak yang cukup dari posisi penggalian tanah untuk pondasi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa pondasi dibuat pada posisi yang tepat sesuai dengan rencana.
  3. Menandai Batas Bangunan: Bouwplank harus mampu menunjukkan titik-titik batas bangunan dengan jelas. Pengaturan bouwplank ini akan membantu pekerja mengenali area kerja dan memastikan struktur bangunan terbangun sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan.
  4. Keselarasan Horizontal: Sisi bagian atas bouwplank harus berada dalam satu bidang yang sama ketika dilihat secara horizontal. Hal ini akan membantu dalam menentukan tinggi bangunan dan menghindari kesalahan dalam pemasangan dinding atau struktur vertikal lainnya.
  5. Konsistensi dalam Letak dan Arah Hadap: Letak dan arah hadap bouwplank harus selalu sama dan seragam di seluruh area proyek. Bouwplank harus menghadap ke dalam pada batas bangunan agar memudahkan pekerja dalam melakukan pengukuran dan pemasangan struktur.

Analisa Harga Satuan Pekerjaan Bowplank

Biasanya volume item pekerjaan pengukuran dan pemasangan bouwplank dihitung dalam satuan m' yang dihasilkan dari panjang total keliling bangunan.

Berikut ini adalah Analisa Harga Satuan Pekerjaan Bowplank Sesuai Format SNI Dan Permen PUPR untuk pekerjaan pengukuran dan pemasangan bouwplank.

A.2.2.1.4 Pengukuran dan pemasangan 1m' Bouwplank

No Uraian Satuan Koefisien Harga Satuan (Rp) Jumlah Harga (Rp)
A TENAGA
Pekerja OH 0,100 175.000 17.500
Tukang kayu OH 0,100 185.000 18.500
Kepala tukang OH 0,010 200.000 2.000-
Mandor OH 0,005 215.000 1.075
JUMLAH TENAGA KERJA 39.075
B BAHAN
Kayu Balok 5/7 0,012 1.800.000 21.600
Paku 2"-3" Kg 0,020 18.000 360
Kayu papan 3/20 0,007 1.800.000 12.600
JUMLAH HARGA BAHAN 34.560
C PERALATAN
JUMLAH HARGA ALAT
D Jumlah (A+B+C) 73.635
E Overhead & Profit 10% 7.364
F Harga Satuan Pekerjaan (D+E) 80.999

Untuk harga satuan material dan upah tenaga kerja dapat disesuaikan dengan kondisi di wilayah Anda masing-masing ya.

Demikian Analisa Harga Satuan Pekerjaan Bowplank Sesuai Format SNI Dan Permen PUPR yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Analisa Harga Satuan Pekerjaan Bouwplank Sesuai Format SNI Dan Permen PUPR"

  1. kokbeda ya pak dengan di permen pupr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya beda bagaimana ya?

      Format Permen PUPR ini menggunakan koefisien yang ada dalam lampiran Permen PUPR no 28 tahun 2016 Bagian 4. AHSP bidang Cipta Karya.

      Kalau dari sumber yang kami punya sudah sama, tidak ada yang beda koefisiennya.

      Hapus