Desain Rumah Yang Cocok Untuk Dihuni Orang Lanjut Usia

Rumah Untuk Lansia

Rumahmaterial.com - Desain rumah yang baik akan menyesuaikan dengan penghuni rumah tersebut. Untuk penghuni berusia mudan dan penghuni lanjut usia tentunya berbeda pendekatan desainnya. 

Desain rumah untuk orang lanjut usia harus memperhatikan kebutuhan dan keterbatasan yang dialami oleh orang tersebut. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan dalam membuat desain rumah untuk orang lanjut usia:

Aksesibilitas

Desain rumah harus memperhatikan aksesibilitas untuk orang lanjut usia, termasuk kemudahan akses ke pintu masuk, tangga, dan kamar mandi.

Sedapat mungkin aktivitas penghuni yang lanjut usia dilakukan di lantai dasar / bawah jika rumah tersebut lebih dari satu lantai. 

Untuk area kamar tidur sebaiknya dilengkapi dengan kamar mandi / toilet dalam, karena umumnya orang lanjut usia sering terbangun dan perlu ke toilet di malam hari. 

Pilihlah lantai yang tidak licin dan berikan pegangan pada tangga dan toilet.

Area gerak

Orang lanjut usia membutuhkan area gerak yang lebih luas dan lebih mudah diakses, karena mereka mungkin membutuhkan bantuan alat bantu seperti kursi roda atau tongkat. 

Pastikan pintu dan koridor di rumah cukup lebar untuk memungkinkan alat bantu tersebut dapat melewatinya dengan leluasa.

Pemilihan warna

Gunakan warna terang untuk cat interior rumah. Selain agar ruangan lebih terkesan luas juga akan membantu untuk lebih mudah terlihat

Pencahayaan

Desain rumah harus memperhatikan pencahayaan yang cukup terutama di ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi. Jika memungkinkan gunakan cahaya alami matahari untuk penerangannya.

Jika tidak memungkinkan maka dapat menggunakan lampu. Pastikan bahwa lampu yang digunakan tidak terlalu terang atau terlalu redup dan posisi saklar yang mudah dijangkau.

Kemudahan akses ke ruangan dan barang

Pastikan barang-barang seperti pakaian, perlengkapan mandi, dan makanan mudah dijangkau oleh orang lanjut usia. Rak dan lemari harus terletak pada ketinggian yang mudah dijangkau.

Keamanan dan kebersihan

Desain rumah juga harus memperhatikan keamanan penghuni, termasuk pemasangan alarm kebakaran dan sistem keamanan. 

Jangan lupa untuk memasang pegangan dan pegangan pintu yang aman untuk membantu penghuni rumah berjalan dan bergerak dengan lebih mudah.

Pastikan juga rumah mudah dibersihkan, dengan lantai yang mudah dibersihkan dan bahan furnitur yang mudah dibersihkan.

Ketersediaan ruang istirahat

Orang lanjut usia mungkin membutuhkan istirahat yang lebih sering. Pastikan rumah memiliki ruang yang cukup untuk beristirahat dan tidur siang.

Ketersediaan fasilitas kesehatan

Selain dari desain rumah, pastikan lokasi rumah dekat dengan fasilitas kesehatan seperti klinik atau rumah sakit, sehingga penghuni rumah dapat dengan mudah mengakses layanan kesehatan yang diperlukan.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, desain rumah untuk orang lanjut usia dapat memberikan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan bagi penghuninya.

Posting Komentar untuk "Desain Rumah Yang Cocok Untuk Dihuni Orang Lanjut Usia"