Mau Membeli Rumah Di Daerah Banjir? Pertimbangkan hal ini

Banjir Di area Perumahan

Rumahmaterial.com – Harga properti khususnya rumah tinggal di kota besar seperti Jakarta akan naik terus setiap tahunnya.

Tetapi besarnya kenaikan harga rumah tinggal tersebut tidak sama antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain.

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi besanya kenaikan harga properti adalah lokasi.

Lokasi yang strategis, akses jalan yang lebar, dekat ke pusat kota tentunya akan membuat kenaikan harga properti lebih tinggi.

Simak juga artikel sebelumnya tentang 3 Lokasi Rumah Ideal Dan 19 Lokasi Rumah Yang Sebaiknya Dihindari.

Salah satu lokasi rumah tinggal yang banyak dihindari adalah daerah yang sering terkena banjir atau sering disebut langganan banjir. 

Bagaimana kita bisa tahu lokasi tersebut ada di daerah banjir? Untuk mengetahuinya kita bisa memperhatikan 6 Tanda Rumah Berlokasi Di Daerah Banjir.

Lokasi rumah yang terletak di daerah banjir kadang membuat kenaikan harga rumah tersebut tidak setinggi daerah lain yang bebas banjir.

Selain dari  sisi harga yang lebih murah, jika aksesnya bagus dan lokasinya strategis, lokasi daerah banjir pun masih bisa kita pertimbangkan.

Tentunya dengan beberapa pertimbangan seperti pernah rumah material.com bahas dalam artikel 4 Tips Memilih Rumah Di Daerah Banjir.

Selain itu kita juga harus mencari tahu apa penyebab lokasi tersebut menjadi langganan banjir. Ada beberapa kemungkinan penyebab suatu lokasi menjadi langganan banjir yaitu :

Kondisi lokasi yang terletak di area cekungan atau lebih rendah dari area sekitarnya. 

Lokasi tersebut terletak di pinggir sungai dan sungai tersebut sering meluap sehingga menyebabkan banjir di perumahan sekitar sungai itu.

Saluran drainase sudah tertutup lumpur sehingga tidak bisa lagi mengalirkan air.

Jika kita mengetahui penyebab banjirnya kita bisa mempertimbangkan apakah lokasi tersebut cocok dengan kebutuhan kita atau tidak.

Selain itu kita lihat apakah ada upaya dari warga dan pemerintah daerah untuk mengatasi kondisi lokasi tersebut yang menjadi langganan banjir.

Karena bukan tidak mungkin suatu lokasi yang menjadi langganan banjir akan berubah menjadi lokasi yang aman dari banjir karena peran warga dan pemerintah daerah setempat untuk mengatasinya.

Contoh misalnya salah satu lokasi yang menjadi langganan banjir karena sungai yang meluap, dari pemerintah daerah membuat tanggul / dinding penahan sehingga yang biasanya sungai itu sudah meluap jadi bisa tertahan oleh dinding tersebut. 

Atau misalnya saluran tertutup oleh lumpur, secara berkala dilakukan pembersihan lumpur tersebut agar aliran air menjadi lancar kembali.

Jika kita mendapatkan rumah dengan harga murah di lokasi yang merupakan daerah banjir bisa kita pertimbangkan jika kondisi rumah sesuai dengan yang ada di 4 Tips Memilih Rumah Di Daerah Banjir dan adanya upaya untuk mengatasi banjir tersebut dari  pemerintah daerah dan warga setempat.

Posting Komentar untuk " Mau Membeli Rumah Di Daerah Banjir? Pertimbangkan hal ini"