Mengenal Turbin Ventilator Untuk Sirkulasi Udara Yang Baik Dalam Bangunan

Turbin Ventilator Di Atap Bangunan

Rumahmaterial.com - Turbin ventilator atau sering disebut juga dengan Roof Vent merupakan alat yang tepat untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik dalam bangunan. 

Turbin ventilator akan mencegah udara panas terperangkap dan menyebarkan radiasi panas dalam bangunan, serta mengatasi kelembaban, bau, dan pengap dalam bangunan.

Turbin ventilator adalah alat sirkulasi udara tanpa motor penggerak sehingga tidak memerlukan energi listrik,bebas biaya perawatan dan mampu bekerja selama 24 Jam non stop. 

Turbin ventilator dapat bergerak / berputar dengan bantuan aliran udara / angin dan juga dengan adanya perbedaan suhu antara dalam dan luar bangunan yang akan menyebabkan perbedaan tekanan udara.

Rongga pada sirip-sirip turbin ventilator didesain untuk dapat menangkap setiap hembusan angin yang lewat, meski hanya angin kecil dapat memutar turbin ventilator tersebut. 

Udara panas akan naik ke atas dan akan menekan ke luar melalui sirip-sirip turbin ventilator dan membuatnya berputar secara otomatis.

Apa Kelebihan Mengguankan Turbin ventilator?

  1. Mampu mengatasi masalah udara panas, pengap, dan kotor dari dalam ruangan serta mengurangi kelembaban
  2. Hemat biaya, tidak memerlukan energi listrik dan berputar secara otomatis karena tekanan udara panas.serta bebas biaya perawatan (maintenance free)
  3. Tidak berkarat karena turbin ventilator umumnya terbuat dari bahan aluminium dan ada juga yang dari bahan stainless steel.
  4. Tidak berisik karena terdapat laher yang presisi pada putaran turbin ventilator.
  5. Tidak bocor saat hujan, karena sudah direncanakan dengan model sirip yang berputar dengan baik sehingga bisa menghalangi air hujan masuk melalui turbin ventilator.
  6. Membuat ruangan lebih nyaman dengan sirkulasi udara yang baik sehingga dapat meningkatkan produktivitas.
  7. Cocok digunakan pada berbagai jenis bangunan seperti: pabrik, gudang, lapangan olah raga, rumah tinggal, tempat ibadah,perkantoran, restoran, dan jenis banguna yang lain..

Berapa Jumlah Turbin Ventilator Yang Dibutuhkan?

Untuk menentukan jumlah dan kapasitas turbin ventilator yang dibutuhkan, kita perlu mendapatkan data-data sebagai berkut : 

  • Volume bangunan yang akan dipasang turbin ventilator dalam satuan meter kubik (panjang x lebar x tinggi).
  • Data ukuran turbin ventilator beserta kapasitas daya hisapnya.
  • Jenis bangunan (apakah rumah tinggal, gudang, pabrik dan workshop kerja, gedung olah raga, garasi, dan lainnya), karena jenis bangunan menentukan rekondisi perubahan udara yang dibutuhkan. 
  • Data kecepatan angin untuk daerah setempat.

Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Dalam Pemasangan Turbin Ventilator?

  • Posisi pemasangan turbin ventilator idealnya pada puncak atap bangunan, di bawah nok atap untuk menghindari kebocoran atap. 
  • Jarak antara turbin ventilator satu dengan yang lain direkomendasikan tidak kurang dari 3 meter.
  • Selain itu usahakan untuk menempatkan turbin ventilator pada tempat yang aliran udaranya lancar dan tidak sejajar dengan dinding.

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang turbin ventilator yang dapat Anda gunakan untuk sirkulasi udara yang lebih baik di ruangan. Semoga bermanfaat. 

2 komentar untuk " Mengenal Turbin Ventilator Untuk Sirkulasi Udara Yang Baik Dalam Bangunan"

  1. Ada angin baru berputar kalau tingginya 12 m tinggi tidak terasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah sharing infonya. Dari berbagai macam merek turbin ventilator memang dalam keterangan nya membutuhkan hembusan angin meski kecil saja cukup untuk memutarnya.

      Kalau untuk tinggi 12 m, mungkin memang terlalu tinggi ya...ada baiknya berkonsultasi dulu dengan pihak suplier produknya, apakah cocok atau tidak menggunakan turbin ventilator di bangunan Anda, berapa kapasitasnya, dan berapa jumlahnya agar hasilnya bisa maksimal.

      Hapus