Mengenal Material CTB (Cement Treated Base)

CTB Cement Treated Base

Pada pelaksanaan pekerjaan perkerasan jalan kadang ada yan gmenggunakan material CTB. Sebenarnya apa sih material CTB itu?

CTB atau Cement Treated Base adalah campuran semen, air, serta agregat halus dan kasar yang telah melalui proses gradasi laboratorium. 

Bahan bahan tersebut dicampur dengan alat khusus yang dapat menghasilkan campuran beton setengah basah dengan kadar air minimum (Slump Nol). 

Penggunaan CTB biasanya pada kostruksi perkerasan jalan sebagai lapisan konstruksi pondasi bawah (Sub Base) atau pondasi atas (Base Course). 

Kelebihan dari penggunaan konstruksi CTB adalah sebagai berikut : 

  1. Lapisan konstruksi CTB tidak peka terhadap air, sifat ini sangat membantu untuk konstruksi dimana muka air tanahnya tinggi  dan kondisi curah hujan yang tinggi.
  2. Nilai CBR yang dihasilkan > 100 % (lebih tinggi dari agregat biasa), sehingga dapat mengurangi tebal rencana perkerasan.
  3. Masa pelaksanaan yang relatif cepat.
  4. CTB hanya membutuhkan masa curing 3 hari untuk dilalui kendaraan / dilanjutkan pekerjaan konstruksi diatasnya setelah pemadatan. 
  5. CTB tidak membutuhkan bekisting / cetakan dan tulangan. 
  6. CTB tidak membutuhkan siar detalasi dan construction joint. 
  7. CTB dapat mengakomodasi penurunan setempat.

Agregat, Semen, Air yang sudah melalui proses laboratorium grading dicampur di plant CTB kemudian diangkut dengan menggunakan dump truck untuk siap digelar dilapangan. 

Untuk menggelar lapisan CTB digunakan alat penghampar Motor Grader. 

Sedangkan untuk Finisher dan Alat pemadat yang digunakan adalah Tandem Roller dengan berat 6 – 8 ton dan Tire Roller dengan berat 10 -12 ton.

Untuk memastikan kualitas perkerasan CTB yang dilaksanakan, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian khusus antara lain :

  1. Kadar semen yang tepat
  2. Kadar air yang memadai
  3. Pencampuran secara menyeluruh
  4. Pemadatan yang memadai
  5. Perawatan (curing) yang tepat

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang material CTB, semoga bermanfaat..!

Posting Komentar untuk " Mengenal Material CTB (Cement Treated Base) "