Cara Membuat Ruang Kedap Suara di Rumah

Membuat ruang kedap suara di rumah menjadi salah satu solusi jika Anda terganggu dengan kebisingan dari luar ruangan. Atau bahkan jika Anda ingin meningkatkan privasi  agar orang lain tidak dapat mendengar suara dari dalam ruang.

Bukan hanya menggunakan material bangunan yang terbukti meredam suara, Anda juga dapat melakukan beberapa cara untuk meminimalisir kebisingan, simak ulasannya berikut ini.

Tutup Celah Pintu dan Jendela

Suara dapat merambat melalui udara. Ketika masih terdapat celah di pintu maupun jendela, artinya media untuk perambatan suara masih tersedia. Alhasil, terjadi kebisingan atau suara bocor sampai ke luar ruangan.

Itulah mengapa, Anda perlu menutup celah pada pintu maupun jendela. Anda dapat memasang door draft potector atau weaterstrips untuk menutup celah-celah tersebut.

Gunakan Karpet

Seperti diketahui, suara juga dapat merambat melalui benda padat, seperti dinding maupun lantai. Jadi, agar suara dapat diredam, Anda perlu meminimalisir kemungkinan suara dipantulkan.

Anda dapat membuat ruang kedap suara dengan menutupi lantai maupun dinding ruangan dengan benda non-padat seperti karpet ataupun rubber mat (keset karet).

Namun, jika dengan menutup seluruh permukaan dinding dirasa terlalu berlebihan, Anda dapat menggunakan karpet tebal di lantai.

Anda juga dapat menyelipkan rug pad yang tebal di bawah karpet supaya ruangan menjadi lebih kedap suara.

Gunakan Panel Akustik

Biasanya, panel akustik dipasang di studio musik. Tetapi ruangan dalam rumah juga memungkinkan untuk dipasang panel akustik.

Elemen interior ini memang dirancang untuk mencegah suara memantul dari permukaan yang keras. Selain itu, panel akustik juga dapat menghalangi gelombang suara masuk melalui pintu maupun jendela.

Aplikasikan Cat Peredam Suara

Bukan hanya untuk menahan kebocoran. Ternyata terdapat cat yang memang secara khusus dapat digunakan untuk meredam suara.

Jenis cat seperti ini memiliki formula yang dapat mengurangi kebisingan hingga 30%. Jadi selain akan mempercantik ruangan, cat ini juga mampu membuat ruangan kedap suara.

Terapkan Insulasi

Membuat ruang kedap suara tentu dapat dilakukan dengan menggunakan insulasi. Umumnya, cara ini perlu bantuan dari ahli. Selain itu, material yang memang ditujukan untuk meredam suara juga harus dipertimbangkan. 

Kencana Insulation

Jika dulu Glass Wool digunakan banyak orang sebagai bahan insulasi, kini tak sedikit pula yang mulai beralih pada Kencana Insulation yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan.

Selain dapat meredam suara, insulasi yang didistribusikan oleh PT Kencana Maju Bersama ini juga memiliki keunggulan untuk mengurangi mengurangi suhu panas lebih baik.

Hal ini karena Kencana Insulation dilaminasi reflection foil pada kedua sisi dan bawah. Sehingga panas yang dipantulkan lebih banyak (97%) dan panas yang diteruskan lebih sedikit (Emissivity 0,04) ke lapisan selanjutnya.

Lebih dari itu, insulasi ini memiliki Air-gap besar, struktur kantong udaranya besar, serta celah air gap lebar.

Gunakan Lemari Buku

Meskipun terdengar remeh, ternyata lemari yang penuh dengan buku dapat Anda gunakan untuk membuat ruang kedap suara.

Jika dinding ruangan tidak mampu meredam suara dengan baik, Anda dapat meletakkan lemari buku menempel pada dinding. Sehingga gelombang suara akan terhalang karena adanya lemari tersebut.

Itulah beberapa cara membuat ruang kedap suara di rumah Anda. Selain menggunakan material yang memang digunakan untuk meredam suara, beberapa trik sederhana di atas dapat Anda lakukan.

Posting Komentar untuk " Cara Membuat Ruang Kedap Suara di Rumah"