Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sedang Menyusun RAB, Rumus Excel Tidak Otomatis Menghitung, Bagaimana Ini?

Rumahmaterial.com - Dalam menghitung RAB untuk proyek konstruksi mungkin program MS excel merupakan salah satu program yang paling banyak digunakan. Karena cukup mudah digunakan dan memadai untuk melakukan perhitungan.

Bagaimana pun juga menghitung RAB sebenarnya hanya menggunakan fungsi perkalian dan penjumlahan saja yang diulang terus menerus. Salah satu masalah yang pernah kami temui adalah rumus excel yang harusnya menghitung secara otomatis ternyata tidak berjalan.

Sebagai contoh misalnya kita menghitung BQ seperti di bawah ini dengan rumus perkalian jumlah harga = volume x harga satuan.


Ternyata setelah kita ubah harga satuannya dari 1000.000 menjadi 500.000 hasil akhir perkaliannya tidak berubah. Masa 10 x 500.000 tetap 10.000.000 hasilnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.



Salah satu penyebab masalah ini adalah karena mungkin secara tidak sengaja kita memilih mode perhitungan manual dalam program Excel.

Padahal mungkin kita tidak pernah memilih untuk mengganti mode perhitungan tersebut, tetapi bisa terjadi jika mode perhitungan diatur ke manual di file excel yang sebelumnya dibuka, terkadang membuat mode perhitungan di file yang dibuka saat ini menjadi manual pula.

Terus Bagaimana cara mengatasinya? Tentunya dengan mengubah mode perhitungan program Excel menjadi mode otomatis.

Pilih Tab Formulas dan cari tab Calculation Option dan periksa apakah pada Calculation Option dipilih pada Pilihan Manual? Jika iya gantilah pilihan Manual menjadi Automatic seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah Calculation Option diubah ke Automatic, maka masalah terselesaikan. Hasil perhitungan akan selalu terupdate setiap harga satuan atau volume berubah. 


Jadi kita tidak perlu panik jika terjadi hal seperti ini, karena bukan disebabkan oleh virus atau program Excel yang rusak tetapi hanya mode perhitungan yang berubah. 

Posting Komentar untuk "Sedang Menyusun RAB, Rumus Excel Tidak Otomatis Menghitung, Bagaimana Ini?"