Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Praktis Memasang Kunci Pintu Kayu

Cara Memasang Kunci Pintu Kayu
Cara Memasang Kunci Pintu Kayu (Sumber: Kenari Djaja)
Rumahmaterial.com - Seperti kita ketahui salah satu komponen penting dari item pekerjaan pintu adalah kunci pintu dan pegangan pintu / handlenya. Kunci pintu sendiri secara garis besar terbagi antara badan kunci (lockcase) dan cylindernya.

Bagaimana cara praktis memasang kunci pintu kayu dan handlenya? 

Untuk mejawab pertanyaan tersebut silahkan simak 5 langkah cara memasang kunci pintu kayu di bawah ini :
  1. Buatlah tanda posisi badan kunci (lockcase) beserta posisi handle pada daun pintu dan poisisi pelat lawan (striking plate) pada kusen. 
  2. Buatlah lubang pada pintu dan kusen sesuai tanda yang telah dibuat.
  3. Pasang badan kunci (lockcase) pada pintu dan plat lawan (striking plate) pada kusen. Pastikan posisi latch bolt sudah benar sesuai arah bukaan pintu.
  4.  Pasang cylinder dan kemudian pasang baut cylinder.
  5. Pasang handle, kencangkan sekrup handle, setelah itu tes fungsi mekanis kunci dengan cara menekan handle dan memutar anak kunci. Jika tidak ada masalah berarti pemasangan sudah selesai dengan benar. 
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar cara memasang kunci pintu di bawah ini.

 Demikian cara memasang kunci pintu kayu dan handle nya, dengan mengetahui cara memasangnya akan memudahkan kita untuk melakukan perbaikan jika sewaktu-waktu ada masalah pada kunci pintu tersebut.

Untuk pemasangan kunci pintu dan handle dilakukan setelah pekerjaan finishing pintu kayu selesai agar terhindar dari bahan kimia finishing seperti thinner, melamic, vernis, cat, politur, cairan pembersih dan lain-lain.

Posting Komentar untuk "Cara Praktis Memasang Kunci Pintu Kayu"