Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Sekilas Tentang Playground Tempat Bermain Anak

Taman bermain atau Playground merupakan arena bermain untuk anak-anak yang biasa tersedia di sekolah-sekolah, mall, hotel, dan lain-lain. Dengan adanya playground maka anak-anak dapat bermain bersama dengan teman-temannya.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah Playground harus aman bagi anak-anak, karena itu biasanya pada lantai playground menggunakan rubber tile atau lantai berbahan karet yang cukup empuk sehingga mengurangi kemungkinan luka jika anak-anak terjatuh.

Selain itu harus dihindari adanya sudut lancip pada tiap sudutnya dengan dibuat melengkung agar lebih aman, dan jika menggunakan rangka besi harus dilapisi dengan lapisan busa tebal agar aman jika anak-anak terbentur. 

Contoh Indoor Playground
Contoh Indoor Playground
Playground bisa didalam ruang (indoor )atau bisa juga di luar ruang (outdoor), tergantung dari kebutuhan dan dimana ruang atau lahan  yang tersedia. Untuk playground di luar ruang (outdoor) harus dipastikan kalau materialnya tahan terhadap perubahan cuaca dan sinar UV matahari.

Jenis permainan pada playground sebenarnya menyesuaikan dengan umur anak yang kira-kira akan menggunakannya. Tetapi umumnya playground disediakan untuk anak balita. Jadi permainan yang tersedia biasanya adalah perosotan / sliding, ayunan, jungkat jungkit, istana atau rumah-rumahan anak, mandi bola, dan lain sebagainya. Kadang ada juga yang menyediakan sarana edukasi sehingga membutuhkan juga furniture anak seperti meja dan kursi plastik.

Umumnya harga playground di luar ruangan lebih mahal karena bahan yang lebih berkualitas dan ukuran area permainan yang lebih luas.

Jika kita ingin membuat playground, biasa supplier playground membutuhkan data seperti dimana lokasinya, berapa luas playgroundnya, dan foto atau denah lokasi playground tersebut, serta berapa budget yang tersedia dari si pemesan agar mereka dapat memberikan penawaran harga terbaik untuk playground tersebut.

Beberapa supplier playground menggunakan produk mainan impor yang tidak bermerek tetapi mereka berani memberikan jaminan kualitas. Selain pengadaan material atau mainan untuk playground mereka juga akan melakukan pemasangan sampai jadi.

Dari sisi harga membuat playground sendiri tentunya sangat tidak ekonomis, karena itu playground biasanya ada di fasilitas umum seperti mall, sekolah-sekolah, hotel, dan sebagainya. Untuk di rumah tinggal jika kita ingin ada playground di rumah kita, ada cara yang lebih ekonomis yaitu dengan cara menyewa ke jasa penyewaan playground.

Meski mungkin harga sewanya cukup mahal tetapi masih lebih baik daripada beli jika untuk rumah tinggal karena usia pakai playground tersebut tergantung dari bertambahnya usia anak. 

Demikian sekilas ulasan rumahmaterial.com tentang Playground tempat bermain anak, semoga bermanfaat bagi Anda.

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon untuk tidak menyampaikan komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel karena tidak akan kami terbitkan. Terima kasih.

Back To Top