Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Jet Cleaner Alat Untuk Membersihkan Dengan Air Bertekanan Tinggi

Pada artikel ini rumahmaterial.com akan membahas tentang salah satu peralatan rumah tangga / home applieance Jet Cleaner atau High Pressure Cleaner yang juga sering disebut mesin cuci steam yang beredar di pasaran makin beraneka ragam, baik merek maupun kualitasnya. Saat ini dengan harga di bawah 1 juta Rupiah sudah bisa mendapatkannya untuk merek tertentu.

Proses kerja jet cleaner adalah pemampatan air pada tekananan tinggi sehingga akan menghasilkan semprotan air bertekanan tinggi. Dengan tekanan tinggi maka membersihkan sesuatu dengan air akan lebih mudah dan cepat serta dapat menjangkau tempat-tempat yang sulit dijangkau.

Umumnya jet cleaner terdiri dari mesin jet cleaner, selang bertekanan tinggi (idealnya panjang 10 m), selang dari sumber air ke mesin, dan spray gun / nozzle jet cleaner. Tetapi kadang ada juga yang memberikan aksesoris tambahan seperti tempat sabun dan sikat pada ujung spray gun, dan lain-lain.

Apa yang perlu diperhatikan dalam memilih Jet Cleaner? Paling tidak ada 7 hal yang perlu kita perhatikan sebelum memilih produk jet claner yaitu :
  1. Merek produknya. Biasa semakin terkenal mereknya semakin mahal pula harganya, meski mungkin mutu lebih terjamin tetapi sesuaikan dengan berapa dana yang tersedia tanpa mengabaikan fitur dan kualitas.
  2. Kuat tekanan airnya dan konsumsi airnya (flow rate). Berapa kuat tekan dan konsumsi airnya sangat tergantung dari peruntukan jet cleaner itu sendiri akan digunakan untuk apa. Jika khusus untuk membersihkan AC pilihlah jet cleaner yang kuat tekannya paling kecil. Sebaliknya jika digunakan untuk membersihkan lantai dari lumut atau kotoran pilihlah jet cleaner yang kuat tekanannya besar.
  3. Konsumsi daya listriknya. Pilihlah produk dengan konsumsi daya listrik yang rendah sehingga hemat energi dan hemat biaya listriknya.
  4. Jenis motor mesinnya. Apakah menggunakan carbon brush atau motor induksi? Dengan menggunakan motor induksi biasanya suara mesin lebih halus, lebih awet, dan tidak perlu mengganti komponen carbon brush.
  5. Panjang selang dan tersedia aksesoris lainnya. Jika selang bawaan terlalu pendek maka akan membuat kita kesulitan saat akan menggunakannya. Sedangkan jika kita membeli selang sendiri secara terpisah kadang tidak cocok pada bagian sambungan ke mesinnya.
  6. Daya hisapnya. Harus langsung disambung ke kran air atau bisa menarik sumber air dari ember? Jika menggunakan jet cleaner yang tidak bisa menghisap sumber air dari ember tentunya harus langsung dihubungkan ke kran air, ini yang kadang susah untuk mengecek apakah tekanan air dari kran air sudah sesuai dengan kebutuhan mesin jet cleaner dan lokasi pemakaian mau tidak mau harus dekat dengan posisi kran air.
  7. Layanan purna jualnya. Paling tidak harus dapat menjawab pertanyaan ini: Apakah ada garansi untuk produk jet cleaner tersebut? Apakah ada jaminan ketersediaan suku cadang dan servis center yang mudah dijangkau? 
Jet cleaner membersihkan lumut

Jet cleaner sangat membantu kita untuk :
  1. Mencuci kendaraan seperti mobil dan motor.
  2. Membersihkan kandang hewan peliharaan.
  3. Membersihkan lantai dan dinding dari lumut.
  4. Membersihkan lantai dari lumpur setelah banjir.
  5. Membersihkan carpet.
  6. Membersihkan AC.
Hati-hati menggunakan jet cleaner untuk membersihkan AC baik unit indoor maupun outdoor. Putarlah nozzle sampai menghasilkan tekanan yang paling kecil atau jadi menyebar dan jangan terlalu dekat posisinya ketika menyemprotkan air. Jika tidak begitu akan berisiko merusak sirip-sirip / fin kondensor AC karena tekanan yang terlalu kuat.

Selain itu untuk membersihkan dinding jika catnya sudah lama dapat mengelupas jika disemprot dengan tekanan yang terlalu tinggi.

Jadi meski memberi kemudahan, penggunaan jet cleaner juga harus memperhatikan apakah cocok atau tidak digunakan pada bidang atau sesuatu yang akan dibersihkan. Karena takutnya bukannya jadi bersih malah akan menjadi rusak jika terkena tekanan tinggi.

Untuk perawatan jet cleaner cukup mudah. Setelah menggunakan jet cleaner kita harus mematikan mesinnya. Tekan spray gun untuk mengeluarkan sisa air pada selang tekanan tinggi. Lepas selang tekanan tinggi dari mesin lalu hidupkan mesin sebentar untuk mengeluarkan sisa air di dalam mesin. Keringkan semua material, biarkan sebentar kemudian disimpan ditempat yang bersih dan kering.

Back To Top