Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Pekerjaan Plafon Gipsum?

Harga terpasang plafon gipsum bisa berbeda-beda karena ada beberapa item yang mempengaruhinya. Sebenarnya Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Pekerjaan Plafon Gipsum? Simak ulasan rumahmaterial.com di bawah ini.

Merek dan Ketebalan Material Gypsum Board

Saat ini di pasaran terdapat berbagai macam merek material papan gipsum (gypsum board) yang harganya tentu sangat bervariasi. Dari pengalaman rekan kami yang sering menghitung RAB untuk proyek konstruksi bangunan terdapat 3 merek yang paling sering digunakan yaitu Jayaboard, Elephant, dan Knauf.

Kadang ada Perencana arsitek yang mensyaratkan ketebalan plafon gipsum 12 mm, padahal ketebalan standar 9 mm tentunya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap biaya pekerjaan plafon gipsum secara keseluruhan. 

Plafon Gipsum

Jenis, Ukuran, dan Jarak Rangka Plafon

Misalnya menggunakan rangka besi hollow, ada besi hollow menie, tetapi ada juga besi hollow galvanis yang lebih tahan karat dan tentunya dengan harga lebih tinggi. Jika sudah dipilih besi hollow galvanis, terdapat beberapa pilihan ketebalan yang umum digunakan misalnya dari 0,3 mm, 0,35 mm, 0,4 mm. Semakin tebal material rangkanya tentunya semakin mahal harga plafon secara keseluruhan.  

Selain itu jarak rangka dan penggantung yang tidak sesuai standar atau lebih jarang / jauh juga akan dapat mengurangi biaya tetapi tentunya juga mengurangi kekuatan rangka plafon dan bisa melendut.

Simak juga artikel sebelumnya tentang Apa Saja Item Pekerjaan Plafon Gipsum?

Jarak Antar Pelat Lantai dan Tinggi Plafon 

Makin dekat jarak tinggi plafon ke pelat lantai di atasnya maka harganya semakin murah karena penggantung rangkanya akan lebih pendek. Misalnya jarak antar pelat lantai (lantai dengan lantai di atasnya) adalah 5 m sementara tinggi plafon yang diinginkan adalah 3 m maka akan membutuhkan panjang penggantung 2 m.

Semetara jika jarak antar pelat lantai 3,5 m dan tinggi plafon yang diinginkan adalah 2,8 m maka hanya akan membutuhkan penggantung seanjang 70 cm.

Lokasi Pelaksanaan Pekerjaan Plafon

Jika pelaksanaan pekerjaan plafon pada gedung bertingkat tinggi tentunya akan membutuhkan biaya tambahan untuk melakukan mobilisasi material dan peralatan ke lantai atas, apalagi jika jumlah lantainya banyak.

Pekerjaan ME Yang Kompleks

Kadang untuk proyek gedung bertingkat dimana pekerjaan mekanikal elektrikal cukup kompleks dapat menjadi hambatan tersendiri. Mengapa? Hal tersebut adalah karena setelah pekerjaan rangka plafon selesai kadang tukang mekanikal elektrikal masih mengerjakan instalasi mekanikal elektrikal seperti instalasi listrik, pemipaam, instalasi tata udara (AC) sehingga panel gypsum board belum bisa ditutup atau dipasang dulu.

Tukang Plafon Yang Terampil dan Berpengalaman

Jika spesialis pekerjaan plafon memiliki tukang plafon yang terampil dan berpengalaman mungkin harga pekerjaan plafon secara terasang dapat lebih murah. Harga satuan upah harian tukang yang terampil dan berpengalaman mungkin lebih tinggi jika dibandingkan tukang yang tidak terampil tetapi produktivitasnya akan jauh lebih tinggi.

Tetapi jangan sampai produktivitas tukang tinggi tetapi tidak bisa cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan karena faktor yang dibahas sebelumnya yaitu Pekerjaan ME Yang Kompleks sehingga akan sia-sia dan menyebabkan pembengkakan biaya karena waktu tunggu tukang / menganggur (idle time).

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Pekerjaan Plafon Gipsum, semoga bermanfaat bagi Anda.

Back To Top