Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Spider Fitting Untuk Dinding Kaca Tanpa Frame

Apa itu spider fitting?  Mungkin kita pernah melihat dinding kaca yang sangat luas, mungkin pada area lobby kantor atau dinding showroom mobil yang dibuat tanpa frame. Kaca tersebut hanya dikaitkan satu sama lain pada setiap titik sudutnya  dengan menggunakan aksesoris yang disebut spider fitting.  

Spider fitting akan menjepit bidang kaca satu sama lain dan menjadikannya suatu kesatuan media partisi dinding kaca ukuran lebar. Biasa untuk bidang sistem spider fitting menggunakan material kaca tempered yang lebih kuat dan aman dari pada kaca biasa.

Aksesoris spider fitting biasa terbuat dari bahan stainless steel berkualitas baik. Tergantung dari berapa bidang kaca yang dihubungkan spider fitting ada yang satu kaki, dua kaki, tiga kaki, dan empat kaki. Selain itu terdapat routel dan base sebagai komponennya.
Spider Fitting

Saat ini di pasaran terdapat bermacam-macam merek produk aksesoris spider fitting seperti Kend, Dekkson, dan lain-lain. Saat memilih tipe produknya tergantung dari luasan kaca per lembar yang dihubungkan. Harus diperhatikan kapasitasnya, ada seri produk spider fitting yang hanya mempunyai kapasitas 170 kg / lembar kaca tetapi ada juga yang mempunyai kapasitas 220 kg / lembar kaca.

Apa kelebihan dan kekurangan menggunakan spider fitting?

Apa kelebihan menggunakan spider fitting? Dengan menggunakan sistem spider fitting maka akan dapat menghasilkan desain bangunan dengan bukaan lebar dari kaca tanpa ada kekhawatiran terlihat frame-frame (rangka) pembaginya.

Apa kekurangan menggunakan spider fitting? Mungkin salah satu kekurangannya adalah biaya yang cukup besar untuk partisi kaca dengan sistem ini. Dan pemasangannya harus direncanakan dengan tepat dan dilakukan oleh pihak yang berpengalaman, jika tidak hasilnya akan tidak rapi dan mengecewakan. 

Kaca spider fitting

Sistem spider fitting dapat digunakan pada area kanopi dan partisi dinding luar atau pembatas antara ruangan interior dengan area eksterior sehingga pandangan dari dalam ke luar maupun sebaliknya dapat terlihat dengan jelas. 

Apa yang perlu diperhatikan dalam pemasangan sistem spider fitting?

Dalam proses pemasangan kaca dengan sistem spider sangat diperlukan koordinasi yang terintegrasi antara pekerjaan struktur kerangka dengan aksesoris spider fitting dan elemen kaca yang akan dipergunakan. 

Penentuan titik-titik marking untuk spider fitting akan lebih baik jika dilakukan bersamaan dengan pembentukan kerangka struktur, agar nantinya dalam pemasangan kaca spider didapatkan hasil yang level. Selain itu karena kaca menggunakan kaca tempered yang harus diproses terlebih dahulu (seperti dibor) sebelum dilakukan proses tempered.

Pelaksanaan pekerjaan partisi kaca sistem spider fitting secara garis besar umumnya adalah sesuai urutan berikut ini :
  1. Pasang kerangka struktur
  2. Pekerjaan finishing struktur
  3. Menentukan titik marking dengan tepat.
  4. Pasang spider fitting sesuai titik marking.
  5. Pasang kaca dan finishing.
Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang Spider Fitting Untuk Dinding Kaca Tanpa Frame. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Back To Top