Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Sistem Shiponic, Inovasi Saluran Air Hujan Yang Optimal

Apa itu sistem shiponic saluran air hujan?

Sistem shiponic saluran air hujan adalah sistem saluran air hujan yang memanfaatkan kecepatan debit air yang tinggi dari roof drain sehingga memungkinkan seluruh bagian dalam pipa terisi penuh. Sistem shiponic mulai bekerja saat air hujan memenuhi roof drain shiponic outlet dan terjadi proses induksi vacum yang mencegah udara tersedot masuk sehingga pipa terisi penuh dengan air dan mengalir dengan kecepatan tinggi dalam pipa horisontal. Sistem shiponic cocok untuk digunakan pada saluran air hujan bidang atap yang luas.


Apa keunggulan penggunaan sistem shiponic?

Penggunaan sistem shiponic memiliki paling tidak 6 keunggulan sebagai berikut :
  1. Meminimalkan jumlah dan dimensi pipa, yang tentunya akan mengurangi jumlah kebutuhan material yang digunakan.
  2. Pipa horisontal dapat dibuat tanpa kemiringan. Tidak seperti sistem konvensional yang mengalirkan air dengan gravitasi sehingga membutuhkan kemiringan pipa, sistem shiponic dapat dibuat tanpa kemiringan sehingga akan menghemat ruang terutamaruang antara plafon dan pelat lantai di atasnya.
  3. Meminimalkan jumlah dan dimensi pipa vertikal (downpipe) di setiap sisi bangunan. Tidak seperti sistem konvensional yang membutuhkan pipa vertikal di setiap roof drainnya, maka pada sistem shiponic dari beberapa roof drain akan dihubungkan dengan pipa horisontal baru nanti akan dihubungkan ke pipa vertikal.  
  4. Hemat ruang, karena seperti disebutkan di atas jumlah downpipe lebih sedikit dan pipa horisontal bisa tanpa kemiringan.
  5. Meminimalkan jumlah roof drain dan penempatan roof drain lebih fleksibel, sehingga akan meminimalkan potensi kebocoran dan hemat biaya instalasi.
  6. Kecepatan aliran air yang tinggi, sehingga dalam pipa tidak terjadi endapan. 
Sistem Konvensional vs Sistem Shiponic

Apa saja komponen utama sistem shiponic saluran air hujan?

Komponen utama sistem shiponic ini antara lain :
Roof Drain Shiponic Outlet, merupakan bagian utama dari sistem shiponic, dimana air hujan yang mengalir ke dalam roof drain shiponic akan tersedot masuk seluruhnya. Roof Drain Shiponic Outlet memang dirancang khusus untuk sistem siphonic dan dapat meminimalkan segala bentuk penyumbatan akibat puing - puing atau daun - daun yang jatuh ke atap.

Fitting & Bracketing, atau sambungan pipa dan penggantung. Sambungan pipa seperti pada umumnya terdiri atas socket, elbow, reducer, dan lain-lain. Sambungan (fittings) dan penggantung (bracketing) harus cukup kuat untuk menahan tekanan dan getaran yang mungkin terjadi selama proses shiponic selama terjadi hujan. 

Pipa-Pipa, untuk sistem shiponic saluran air hujan bisa menggunakan pipa pvc, hdpe, stainless steel, atau pipa besi, tergantung dari desain sistemnya. 

Karena suatu sistem maka biasanya mulai dari perencanaan awal, pengadaan material, dan pelaksanaan pekerjaan dilakukan oleh kontraktor spesialis sistem shiponic tersebut atau paling tidak dilakukan di bawah pengawasan mereka.

Demikian ulasan rumahmaterial.com tentang sistem shiponic saluran air hujan yang optimal, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang sistem ini. 

Back To Top