Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Waterproofing ULTRADRY, Untuk Dinding Dalam Yang Lembab

Pada saat hujan air dapat merembes ke dalam dinding dalam dan menyebabkan dinding menjadi lembab, cat menggelembung dan terkelupas, serta tumbuhnya jamur dengan mudah. Solusinya tentu dengan melakukan pelapisan waterproofing pada dinding sisi luar.

Tetapi kadang untuk melaksanakannya tidak semudah itu. Seperti yang dialami oleh salah seorang rekan rumahmaterial.com. Dinding kamar tidurnya yang terletak di lantai 2 selalu lembab di musim hujan karena rembesan air. Untuk melakukan pelapisan waterproofing pada sisi dinding luar juga sulit dilaksanakan karena berbatasan langsung dengan rumah tetangga yang hanya 1 lantai.

Terus bagaimana solusinya? Yang paling mudah tentu adalah dengan menggunakan waterproofing yang efektif bisa digunakan pada sisi negatif (yang tidak kontak langsung dengan air) atau pada sisi dinding dalam.

Beberapa saat lalu kami mendapat info produk waterproofing heavy duty dari bahan latex spesial yaitu ULTRADRY dari PROPAN. Ultradry merupakan waterproofing yang berfungsi untuk menahan masuknya air dan kelembaban, menutup bercak air pada tembok, dan menahan rembesan air. Ultradry dapat diaplikasikan untuk waterproofing lantai kamar mandi, bak air, dak beton, dinding basement, dinding retaining wall, dan dinding dalam ruangan.

Waterproofing ULTRADRY

Secara teoritis konsumsi material Ultradry adalah 750 ml / m2 untuk ketebalan kering yang dianjurkan 400 micron. Produk ini tersedia dalam kemasan 1 liter dan 2,5 liter dan tidak memerlukan pengencer atau siap langsung digunakan.

Cara aplikasinya juga tergolong mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa tukang, serta tidak memerlukan peralatan khusus yang dapat diuraikan seperti di bawah ini :
  1. Bersihkan dan amplas permukaan dinding serta kupas cat lama dan plamurnya sampai permukaan plesteran.  
  2. Aduk rata Ultradry tanpa ditambah pengencer atau larutan apa pun.
  3. Aplikasikan Ultradry lapis pertama menggunakan kuas / roll sampai merata.
  4. Biarkan lapisan pertama kering sentuh (sekitar 3 jam).
  5. Aplikasikan Ultradry lapisan kedua menggunakan kuas / roll sampai merata dengan arah menyilang dari lapisan pertama.
  6. Lapisan Ultradry dibiarkan mengering minimal 1 hari.
  7. Hasil lapisan ultradry bertekstur kasar tetapi tidak boleh diamplas. Untuk hasil yang halus dapat digunakan dempul tembok setelah lapisan Ultradry cukup umur atau kering sempurna. Baru setelah itu dilakukan pengecatan.
Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang Negative Side Waterproofing Ultradry, waterproofing yang bisa diaplikasikan pada sisi dinding dalam. Semoga dengan produk ini rembesan air pada dinding dalam dapat dihilangkan, dinding tetap kering, dan tidak berjamur, serta warna cat juga lebih terjaga dan tahan lama.

Back To Top