Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Hermetic Door Pintu Khusus Ruang Yang Higienis

Apa itu Hermetic Door?

Hermetic door atau pintu hermetic merupakan pintu khusus untuk ruangan dengan tingkat higienis yang tinggi dan tidak boleh terkontaminasi oleh udara luar. Pintu jenis ini memiliki sistem khusus yang dapat menutup dengan sempurna dan kedap udara sehingga akan mencegah kontaminasi bakteri dan infeksi.

Umumnya hermetic door merupakan pintu sliding meski ada juga yang menggunakan pintu swing. Sedangkan untuk daun pintu, umumnya menggunakan pintu stainless steel. 

Hermetic Door Pintu Khusus Ruang Yang Higienis
Hermetic Door Pintu Khusus Ruang Yang Higienis

Mengapa bisa menutup sempurna sampai kedap udara?

Pada sistem hermetic, setelah pintu menutup maka daun pintu akan turun sedikit ke arah lantai dan bergeser ke arah kusen dimana terdapat karet seal sehingga akan dapat menutup dengan rapat dan sempurna. Untuk lebih jelasnya mekanisme buka tutup pintu hermetic dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Mekanisme Pintu Hermetic
Mekanisme Pintu Hermetic
(Gambar: Manusa Automatic Door)

Dimana aplikasi / penggunaan pintu hermetic?

Pintu hermetic biasa digunakan untuk pintu ruangan khusus yang membutuhkan pintu yang kedap udara dengan tingkat higienis yang tinggi seperti ruang operasi pada bangunan rumah sakit, cleanroom pada industri farmasi dan laboratorium, serta ruangan x-ray.

Khusus untuk ruangan x-ray daun dalam pintunya dilapisi oleh lapisan timah hitam atau plumbum (pb) untuk mencegah radiasi.

Untuk buka tutupnya pintu hermetic bisa menggunakan cara manual dan otomatis. Umumnya untuk higienisnya biasa menggunakan tombol (elbow push button) atau juga sensor untuk buka tutupnya secara otomatis agar setelah cuci tangan tenaga medis tidak perlu memegang handle pintu. 

Berapa kisaran harga pintu hermetic?

Harga pintu hermetic sangat mahal jika dibanding dengan pintu biasa bahkan bisa mencapai beberapa ratus juta untuk tiap unitnya. Harganya sangat bervariasi tergantung dari merek produknya, ukuran pintu, dan tipe mesin pintu otomatis yang digunakan.

Untuk pekerjaan pintu hermetic semua akan dikerjakan oleh pihak suppliernya mulai dari produksi daun pintu, pengadaan mesin pintu dan sensor yang diperlukan, hardware pintu, sampai dengan pemasangan dan setting di lokasi.  

Demikian sedikit ulasan kami tentang Hermetic Door Pintu Khusus Ruang Operasi, semoga dapat memberikan informasi dan  menjadi referensi bagi Anda.

Back To Top